INDONESIA v SINGAPURA, Adu Strategi Pelatih Ranah Minang Kontra Negeri Singa

INDONESIA v SINGAPURA, Adu Strategi Pelatih Ranah Minang Kontra Negeri Singa
Indra Sjafri v Fandi Ahmad

CELOTEH RIAU.COM--Indra Sjafri mencatat debut manis dalam kiprah sebagai pelatih di SEA Games. Dalam penyisihan Grup B SEA Games 2019, pelatih kelahiran Lubuk Nyiur Sumatera Barat ini berhasil membawa Timnas Indonesia U-22 menang atas Thailand dengan skor 2-0 (26/11/2019).

Hasil positif ini menjadi modal penting untuk pertandingan kedua Grup B, melawan Singapura di Rizal Memorial Stadium, Manila, Kamis (28/11/2019) pukul 19.00 WIB.

Buat Indra Sjafri pelatih asal Ranah Minang pertemuan  melawan Singapura ini sekaligus menjadi yang pertama beradu taktik  dan strategi dengan Fandi Ahmad, pelatih Timnas Singapura U-22.

Indra Sjafri tentu sudah mengintai permainan Singapura. Di laga pertama Singapura bermain imbang tanpa gol melawan Laos (26/11/2019).

Sebaliknya, buat Fandi Ahmad partai menghadapi Indonesia sudah tidak asing lagi. Ia pernah lama melatih Pelita Jaya. Semasa menjadi pemain, ia juga pernah membela Niac Mitra.

Fakta itu harus menjadi kewaspadaan tersendiri buat Indra Sjafri. Pasalnya, menghadapi lawan yang pelatihnya sudah tahu luar dan dalam karakter pemain Indonesia, butuh antisipasi tersendiri.

Itulah mengapa, pertandingan Timnas Indonesia U-22 kontra Singapura ini diprediksi bakal seru.

Secara kebiasaan pendekatan taktik yang diambil, Indra Sjafri dikenal sebagai pelatih yang fleksibel. Namun, ia punya pakem dasar 4-3-3 dengan turunannya, 4-2-3-1. 

Sebaliknya Fandi Ahmad cenderung fanatik dengan permainan menyerang. Bisa jadi karena latar belakangnya sebagai mantan penyerang yang disegani di Asia pada masanya.

Satu di antara buktinya, ia memilih Faris Ramli untuk mengisi satu di antara dua slot pemain senior dalam tim asuhannya di SEA Games 2019. Faris Ramli merupakan Player of The Year di Liga Premier Singapura 2019, dengan mengoleksi 16 gol.

 

Sama halnya Indra, Fandi juga senang memainkan skema 4-2-3-1, dengan Ikhsan Fandi sebagai ujung tombak dan didukung Faris Ramli, Hami Syahin, dan Zulqarnaen Suzliman di belakangnya.

 

Hanya, Fandi Ahmad mencoba merendah. Kegagalan skuatnya mengalahkan Laos pada laga pertama, membuatnya berpikir tim asuhannya lebih nyaman mendapat label sebagai tim underdog, terutama untuk laga kontra Indonesia.

 

"Kami difavoritkan menang saat menghadapi Laos, tapi beberapa pemain tak bisa mengatasi tekanan untuk menang. Mungkin label underdog lebih baik buat kami sekarang," ujar Fandi, dikutip dari Straits Times.

 

"Indonesia akan bermain percaya diri setelah mengalahkan juara bertahan. Mungkin ini akan jadi permainan yang lebih terbuka, jika mereka beranggapan kami ini tim yang lemah, dan kami harus siap karena mereka punya pemain sayap dan bek sayap yang memiliki kecepatan," imbuh pelatih berusia 57 tahun ini.

 

Melawan tim asuhan Indra Sjafri, Fandi menekankan pasukannya untuk memulai laga dengan baik karena The Young Lions butuh kemenangan. Alhasil, Fandi Ahmad harus meracik strategi terbaik untuk mengantisipasi taktik yang bakal diusung Indra Sjafri.


Pada laga nanti, Indra Sjafri, berpotensi tetap memainkan trisula Egy Maulana, Rafli, dan Saddil Ramdani di lini serang. Nadeo Arga Winata belum tergantikan posisinya sebagai penjaga gawang utama Garuda Muda.

Lini tengah Timnas Indonesia U-22 kemungkinan dipercayakan kepada Zulfiandi, Evan Dimas Darmono, dan Syahrian Abimanyu. Kemudian kuartet lini belakang diisi Asnawi Mangkualam Bahar, Andy Setyo, Bagas Adi, dan Firza Andika.

Komposisi tersebut akan mendapat perlawanan dari Singapura, yang tengah mengincar kemenangan. Di laga perdana SEA Games 2019, Singapura harus puas hanya bermain 0-0 kontra Laos.

Sementara itu, Singapura diprediksi akan memainkan formasi 4-4-2 dengan menurunkan duet Faris Ramli-Ikhsan Fandi di lini depan. Zharfan Rohaizad siap berdiri di bawah mistar gawang.

Lalu, Jacob Mahler, Hami Syahin, Shah Shahiran, dan Zulqarnaen Suzliman akan berjuang memenangi lapangan tengah melawan gelandang-gelandang Timnas Indonesia U-22. Berikut prediksi starter kedua tim.

Prediksi susunan pemain

Indonesia U-22: Nadeo Arga Winata; Asnawi Mangkualam Bahar, Andy Setyo, Bagas Adi, Firza Andika; Zulfiandi, Evan Dimas Darmono; Syahrian Abimanyu, Egy Maulana Vikri, Saddil Ramdani; Muhammad Rafli

Singapura U-22 (4-4-2): Zharfan Rohaizad; Tajeli Salamat, Irfan Fandi, Lionel Tan, Syahrul Sazali; Jacob Mahler, Hami Syahin, Shah Shahiran, Zulqarnaen Suzliman; Faris Ramli, Ikhsan Fandi.

#sepakbola

Index

Berita Lainnya

Index