Ini Pesan Hang Seo pada Shin Tae Yong Jika ke Indonesia

Ini Pesan Hang Seo pada Shin Tae Yong Jika ke Indonesia
Park Hang Seo

CELOTEH RIAU.COM-- Pelatih timnas Vietnam asal Korea Selatan, Park Hang Seo, menyampaikan saran kepada Shin Tae Yong jika kompatriotnya menangani Timnas Indonesia.

Hang Seo sebelumnya sukses membawa Vietnam meraih medali emas SEA Games 2019. The Golden Star menang 3-0 atas Timnas Indonesia pada laga final di Stadion Rizal Memorial, Filipina.

PSSI sendiri rencananya bakal merekrut Tae Yong yang pernah mengarsiteki timnas Korsel di Piala Dunia 2018.

Sebagai pelatih yang berpengalaman di Asia Tenggara, Hang Seo memberikan saran kepada salah satu sahabatnya itu.

"Shin Tae Yong sudah seperti adik yang saya sayangi. Saat ini dia tengah diincar Indonesia yang artinya dia bagus."

"Saya pernah katakan kepada Shin [Tae Yong] bahwa dia sebaiknya istirahat sejenak [setelah melatih Korsel] agar lebih mendalami soal taktik," ujar Hang Seo dikutip dari Vtc.vn.

Hang Seo kemudian mengatakan melatih di negara-negara Asia Tenggara sangat jauh berbeda dengan di Asia Timur. Banyak tantangan yang harus dilewati.

"Sangat sulit menjadi pelatih tim nasional di Asia Tenggara. Sangat tak mudah karena perbedaan dalam hal bahasa, kebiasaan, dan budaya."

"Apalagi di Indonesia sangat dominan dengan kultur Islam sehingga amat berbeda. Saya berharap Shin bisa cepat memahami dan beradaptasi," terang Hang Seo.

Tantangan berat lainnya adalah bahwa pelatih di negara-negara Asia Tenggara harus mampu memenuhi target sesuai yang ditetapkan.

"Gaji, kondisi dan reputasi memang penting, tapi yang terpenting adalah Anda punya tujuan pasti untuk membangun karier kepelatihan Anda."

"Pendapat saya, uang memang penting tapi itu bukan hal utama untuk mencapai tujuan Anda," terang Hang Seo.

#sepakbola

Index

Berita Lainnya

Index