Sedekah untok Orang Wafat, Apakah Hukumnya Sesajen?

Sedekah untok Orang Wafat, Apakah Hukumnya Sesajen?
Ilustrasi makanan

 

 

 

CELOTEH RIAU.COM---Bersedekah untuk orang yang meninggal terutama makanan kerap disalahartikan. Bahkan, na’udzubillah, ada yang menghukumi makanan yang pahalanya dihadiahkan untuk orang meninggal adalah sesajen. Benarkah demikian?

Direktur Aswaja Center Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur, KH Ma’ruf Khozin, menjelaskan tidak benar bahwa sedekah makanan untuk orang yang sudah meninggal adalah sesajen. Rasulullah SAW dalam sejumlah riwayat, pernah bersedekah makanan untuk Khadijah RA.  

Kiai Ma’ruf menukilkan sejumlah riwayat sebagai berikut:  

??????? ??????? ??????? ??????? -??? ???? ???? ????- ????? ?????? ???????? ????????? ?????????? ????? ????? ??????????? ?????????   

Aisyah berkata: “Jika Rasulullah menyembelih kambing, maka beliau berkata: “Kirimkan daging-daging ini untuk teman-teman dekat Khadijah.” (HR Muslim) 

Kiai Ma’ruf juga mengutip pernyatan Syekh Shalih al-Fauzan, dalam kitabnya Fatawa al-Ahkam asy-Syar’iyah No 9661, redaksinya sebagai berikut:    

????? ?????????? ??? ???? ???? ???? ?????????? ???? ?????? ????????????? ?????????????? ????? ???? ?????????? ?????? ????? ??????? ?????? ?????????? ???????: ??????? ????? ???? ???????????  ?????? ???????? ?????? ??????? ??????????? ???? ?????????? ?????? ???????? ???????? ????????? ???????? ?????????? ???? ??????????? ??????????? ???? ?????????? ????? ???? ??????????? ?????? ???? ????????????? ?????? ??? ?????? ?????????????? ????? ??????? ???? ??????????? ???? ?????????? ???????? ??????  

Nabi SAW melakukan penyembelihan hewan dan menyedekahkannya untuk Khadijah setelah wafatnya (HR Muslim No 4464). Syekh Shalih al-Fauzan berkata: "Secara watak ini adalah sedekah." Dari dalil ini dapat diambil kesimpulan bahwa boleh bersedekah atas nama mayit baik berupa daging, makanan, uang atau pakaian, ini adalah sedekah, atau dengan qurban saat Idul Adlha. Kesemua ini adalah sedekah atas nama mayit.” 

Lalu pertanyaannya, apakah sedekah bagi orang meninggal pahalanya sampai? Kiai Ma’ruf mengutip riwayat dari Aisyah seperti berikut:  

????????????? ????? ?????? ????? ?????????? ?????? ????? ???????? ????????? ???????: ????? ?????? ??????????? ????????? ?????? ?????? ???????? ?????????? ???? ??????????? ?????????????? ??????? ??? ???? ??????????? ??????? ?????? ???? ???????: «??????»

Dari Aisyah bahwa ada seseorang yang datang kepada Nabi shalallahu alaihi wasallam dan ia berkata: "Ibu saya wafat mendadak dan tidak berwasiat. Saya menyangka bila ia berkata maka akan bersedekah. Apakah ibu saya dapat pahala jika saya bersedekahlah? Dan saya dapat pahala?". Nabi menjawab: "Ya" (HR Ibnu Majah)

 

Berita Lainnya

Index