Masa Depan Sepak Bola Eropa Ditentukan dengan Empat Conference Calls

Masa Depan Sepak Bola Eropa Ditentukan dengan Empat Conference Calls

CELOTEHRIAU.COM---Siapa sangka masa depan sepak bola Eropa akan ditentukan lewat panggilan video yang melibatkan empat elemen penting?

Di tengah krisis virus corona, UEFA harus mengambil langkah ekstrem untuk menghadapi situasi yang sudah di luar kontrol.

Saat ini semua liga Eropa dihentikan sementara, Serie A jadi pelopor. La Liga, Premier League, Ligue 1, Bundesliga, sampai liga-liga lain yang lebih kecil pun harus berhenti sejenak untuk menekan angka penyebaran wabah tersebut. Liga Champions dan Liga Europa juga ditunda.

Pandemi Covid-19 benar-benar memaksa dunia untuk beristirahat sejenak, sepak bola pun demikian. UEFA sempat dikritik karena lambat membuat keputusan, terlebih tahun ini terjadwal kompetisi Euro 2020 yang seharusnya mulai bergulir pada pertengahan tahun nanti. Langkah apa yang akan diambil UEFA?

Menghentikan pertandingan untuk sementara jelas membawa dampak besar. Musim bisa berjalan molor, khususnya untuk liga yang begitu padat seperti Premier League.

UEFA mungkin harus membuat keputusan ekstrem seperti menunda penyelengaraan Euro 2020 sampai tahun depan. Menurut Sky Sports, saat ini semua liga di bawah UEFA pun menunggu keputusan Aleksander Ceferin dkk.

Otoritas liga tidak berani membuat keputusan final soal menutup musim ini lebih cepat atau melanjutkannya dengan risiko molor dari jadwal. Selasa (17/3/2020) CET, keputusan krusial ini akan ditentukan lewat video conference calls.

Ada empat pihak yang harus mencari solusi bersama hanya melalui panggilan video jarak jauh, langkah yang tidak biasa. Empat elemen ini akan berdiskusi untuk membuat keputusan penting.

Mulai dari ancaman menunda Euro 2020, gagasan melanjutkan atau menghentikan liga, sampai langkah jangka pendek sebulan ke depan. Sampai saat ini, gagasan menunda Euro 2020 selama satu tahun ke depan dianggap sebagai solusi terbaik. Penyebaran virus corona ini masih tidak terduga, belum pasti, Eropa benar-benar terdampak.

European Club Association - mewakili 250 klub Eropa
European League - mewakili 32 liga di Eropa
All 55 associations - perwakilan asosiasi sepak bola setiap negara Eropa
UEFA's Executive Committee - pihak yang akan membuat keputusan final

#sepakbola

Index

Berita Lainnya

Index