Jangan Anggap Remeh, 7 Hambatan Ini Bisa Bikin Kamu Gagal Sukses

Ahad, 13 Januari 2019 - 21:51:00 WIB Cetak

Ilustrasi

CELOTEHRIAU.COM - Menapaki jalan hidup memang tak melulu indah macam cerita di film atau sinetron. Selalu saja ada hambatan yang datang menghampiri. Jika tak sigap, kita bisa saja tergulung ombak rintangan.

Impian yang dikejar pun makin jauh dari genggaman. Nah, agar asa tetap terjaga maka kamu tak boleh anggap remeh tujuh hambatan ini dalam hidup. Apa saja itu?

1. Tak punya tujuan jelas

Saat liburan pastinya kamu merencanakan destinasi wisata yang ingin dituju. Jika tidak ditentukan maka kamu pun akan bingung sendiri. Nah, kondisi macam ini juga berlaku untuk meraih sukses.

Jika tak ada tujuan jelas dalam hidup maka jangan harap kegemilangan bakal diraih. Kamu pun malah berkutat pada pusaran kebimbangan yang tak berkesudahan.

2. Suka menunda

"Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit". Pepatah ini sering sekali diungkapkan oleh banyak orang untuk hal-hal positif. Entah itu untuk memotivasimu agar rajin menabung atau berbuat baik lainnya.

Tapi, pepatah ini juga berlaku jika kamu suka mengulur waktu. Waktu yang kamu sia-siakan untuk menunda bisa jadi gunungan beban dan membuatmu kepayahan untuk menuntaskannya. Tenaga terkuras, asa pun juga makin jauh digapai.

3. Punya pola pikir mudah menyerah

Dihadapkan pada tantangan pasti bikin banyak orang khawatir. Namun, yang membedakan antara orang sukses dan tidak adalah pada pola pikir. Jika pikiran kita hanya tertuju pada kelemahan dan sulitnya rintangan maka rasa ingin menyerah pun makin membuncah. Alhasil, langkah menggapai kejayaan pun makin berat ditapaki.

4. Selalu menunggu hingga diri 'siap'

Kesiapan diri memang penting untuk langkah sukses. Tapi, kalau kamu terus menantikan diri ada dalam posisi siap menerjang rintangan maka ada banyak hal yang terlewat. Waktu yang terbuang untuk menunggu siapnya diri sejatinya bisa dipakai untuk menangkap lebih banyak ide atau melakukan hal yang bisa jadi berguna untukmu mencapai tangga sukses.

5. Terbayang kegagalan masa lalu

Kegagalan di masa lalu kerap membekas di benak setiap orang. Kamu bisa belajar dari sana agar lebih sukses di kemudian hari. Namun, jika hanya termangu pada kejatuhan di waktu sebelumnya maka waktumu habis percuma.

Energimu dan fokusmu akan tertuju pada kegagalan demi kegagalan yang menerpa. Jadilah kamu takut duluan sebelum mencoba karena khawatir tertimpa kegagalan lagi. 

6. Pasang target terlalu tinggi

Menetapkan tujuan sangat diperlukan agar hidup tak hilang arah. Tapi, kamu akan pusing jika target yang diusung menjulang tinggi dan cenderung tak realistis. Punya impian memang boleh tapi sesuaikanlah dengan waktu dan tenaga yang kamu berikan. Jangan sampai punya asa besar tapi tak diimbangi dengan usaha mengatur diri sendiri. 

7. Tak pandai pilah informasi

Di era serba canggih seperti ini informasi dapat dengan mudahnya diperoleh. Cakrawalamu akan dunia pun makin terbuka lebar. Tapi, itu semua akan percuma jika tak pandai memilah informasi.

Kalau masih termakan berita bohong dan tak memanfaatkan informasi baik untuk langkah suksesmu maka harapan untuk maju masih jauh dari angan. Sebisa mungkin kamu memilih informasi berdasarkan apa yang ingin kamu kuasai dan pahamilah dengan baik agar dapat bermanfaat.

Tujuh hambatan ini pantang untuk kamu sepelekan. Jangan sampai kamu tergilas oleh rintangan hanya karena tujuh pengaruh kurang baik tersebut. Selamat mengarungi hidup dengan baik, kawan!



Tulis Komentar +
Berita Terkait+