UEFA Targetkan Musim 2019/2020 Selesai Agustus

UEFA Targetkan Musim 2019/2020 Selesai Agustus
Presiden UEFA Aleksander Caffarini

CELOTEHRIAU.COM--Presiden UEFA Aleksander Ceferin menargetkan kampanye musim 2019/2020 bisa selesai pada Agustus, termasuk Liga Champions dan Liga Europa. Mayoritas liga domestik di Eropa terhenti pada Maret karena pandemi virus corona, termasuk kompetisi klub UEFA.


Sebagian besar belum bisa memastikan kapan akan melanjutkan kompetisi. Bundesliga Jerman menjadi yang pertama dari lima liga top Eropa yang sudah memulai kembali musim 2019/2020.

Sementara Ligue 1 Prancis telah dihentikan sepenuhnya. Adapun Liga Primer Inggris, Serie A Italia, dan La Liga Spanyol, semuanya mengisyaratkan niat untuk kembali menggelar kompetisi secara tertutup.

"Kami punya ide tetapi kami harus menunggu komite eksekutif UEFA untuk mengkonfirmasi tanggal. Saya dapat mengatakan bahwa jika semuanya seperti sekarang, semua liga akan selesai pada Agustus," kata Ceferin dikutip dari Sportskeeda, Senin (18/5). "Seperti yang terlihat sekarang, saya yakin kami bisa menyelesaikan liga-liga domestik di Eropa dan juga UEFA."

Menurut Ceferin, mayoritas liga bisa menyelesaikan musim 2019/2020. Jika ada yang tak bisa, lanjut dia, itu adalah keputusan liga domestik sendiri. Namun, Ceferin mengatakan liga itu harus melakukan kualifikasi jika ingin berpartisipasi di kompetisi UEFA.

Di sisi lain, yang menjadi masalah adalah fakta bahwa Ligue 1 masih memiliki perwakilan di Liga Champions, yakni Paris Saint Germain dan Lyon. Sementara Pemerintah Prancis melarang olahraga bergulir hingga September. Kedua klub mengalami dilema tentang penyelenggaraan pertandingan.

"Jika Anda tidak bisa bermain di negara Anda, maka Anda harus mengaturnya di tempar netral," jelas Ceferin. "Saya tidak melihat alasan mengapa pihak berwenang Prancis tidak mengizinkan mereka untuk mengatur pertandingan tanpa penonton, tapi mari kita lihat. Itu di luar kemampuan saya."

#sepakbola

Index

Berita Lainnya

Index