Usai Salat Idul Adha 1441 H, Masjid Dzikrullah Perum Karya Yepupa Indah Kurban Enam  Sapi

Jumat, 31 Juli 2020 - 09:43:48 WIB Cetak

Ustad Agussalim saat melakukan pemotongan hewan kurban di fasum perumahan. Celoteh riau.com)

CELOTEH RIAU-Usai Salat Idul Adha 1441 H, Masjid Dzikrullah Perumahan Karya Yepupa Indah sembelih empat ekor sapi pada  Jumat 31 Juli 2020.

Kumandang takbir  mengiringi prosesi kurban yang dikomandoi Ustad Agussalim  digelar di fasum perumahan ini disaksikan langsung oleh Ketua RW 19 Rudi Damrah, Ketua RT 02 Taslim dan Ketua RT 03 Marjohan serta warga perumahan.

"Alhamdulilah, meski dalam kondisi pandemi corona  hari ini, masjid Dzikrullah mengorbankan enam ekor  sapi," terang Ketua RW 19 Kelurahan Sialang Munggu,  Rudi Damrah.

Dalam pada itu Ketua Masjid Abizar dan Khatib Salat Idul Adha Novialdi SAg  menyebutkan, salah satu amalan yang sangat dianjurkan di bulan Zulhijjah adalah kurban. Ibadah dengan cara menyembelih hewan baik kambing maupun sapi.

Kurban merupakan ibadah yang mencontoh amalan Nabi Ibrahim AS. Sosok yang dijuluki sebagai Bapak Para Nabi itu mendapatkan perintah untuk menyembelih anaknya, Ismail, yang oleh Allah SWT diganti dengan kambing.

Berkata kepada kami Muhammad bin Khalaf Al ‘Asqalani, berkata kepada kami Adam bin Abi Iyas, berkata kepada kami Sullam bin Miskin, berkata kepada kami ‘Aidzullah, dari Abu Daud, dari Zaid bin Arqam, dia berkata: berkata para sahabat Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam: “Wahai Rasulullah, hewan qurban apa ini?” Beliau bersabda: “Ini adalah sunah bapak kalian, Ibrahim.” Mereka berkata: “Lalu pada hewan tersebut, kami dapat apa wahai Rasulullah?” Beliau bersabda: “Pada setiap bulu ada satu kebaikan.” Mereka berkata: “Bagaimana dengan shuf (bulu domba)?” Beliau bersabda: “Pada setiap bulu shuf ada satu kebaikan.”

Lalu dalam hadis lainnya, Rasulullah Muhammad SAW sendiri menyatakan ibadah kurban merupakan amalan yang lebih baik daripada jihad. Hal itu tertuang dalam hadis riwayat Bukhari.

"Tidak ada amal yang lebih utama pada hari-hari (tasyriq) ini selain berkurban.' Para sahabat berkata, 'Tidak juga jihad?' Beliau menjawab, 'Tidak juga jihad. Kecuali seseorang yang keluar dari rumahnya dengan mengorbankan diri dan hartanya (di jalan Allah), lalu dia tidak kembali lagi."

Ibadah kurban sendiri mengandung banyak keutamaan. Keutamaan tersebut yaitu sebagai ungkapan syukur kepada Allah.

 



Baca Juga Topik #serba serbi+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+