9 Fakta Menarik Jelang MotoGP

9 Fakta Menarik Jelang MotoGP

CELOTEHRIAU--Balapan MotoGP Ceko 2020 di Sirkuit Brno akan berlangsung malam ini, Minggu (9/8). Berikut sembilan fakta menarik jelang MotoGP Ceko.Kejutan terjadi pada babak kualifikasi MotoGP Ceko setelah Johann Zarco merebut pole. Pembalap Avintia Racing itu mengalahkan dua pembalap Petronas Yamaha Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli di babak kualifikasi.


Dikutip dari MotoGP, berikut sembilan fakta menarik jelang MotoGP Ceko 2020:

 

1. Johann Zarco merebut pole untuk kali kelima di MotoGP dan merebut pole yang pertama sejak MotoGP Prancis 2018.

2. Zarco berada di posisi ketiga pembalap asal Prancis dengan pole terbanyak di MotoGP, di belakang Christian Sarron (6 pole) dan Fabio Quartararo (8 pole).


3. Zarco menjadi pembalap pertama asal Prancis sejak Jean-Michel Bayle (1996) yang merebut pole di Sirkuit Brno pada kelas MotoGP.

4. Zarco menjadi pembalap satelit Ducati pertama yang mampu merebut pole di kondisi trek kering sejak Ducati bergabung di MotoGP pada 2003. Pembalap satelit Ducati terakhir yang merebut pole sebelum Zarco adalah Jack Miller pada MotoGP Argentina 2018 di kondisi trek basah.


5. Jika Fabio Quartararo menang di MotoGP Ceko (21 tahun dan 111 hari) dia akan menjadi pembalap kedua termuda yang mampu menang tiga kali beruntun di MotoGP di belakang Marc Marquez (20 tahun dan 182 hari) di Jerman/AS/Indianapolis 2013.

6. Quartararo berpeluang menjadi pembalap pertama Yamaha yang mampu memenangi tiga balapan pembuka kelas primer Grand Prix sejak Kenny Roberts pada 1980. Quartararo juga berpeluang menjadi pembalap pertama Yamaha yang menang di Brno sejak Jorge Lorenzo pada 2015.

7. Dengan Fabio Quartararo dan Johann Zarco start 1-2 di MotoGP Ceko 2020, ini adalah kali pertama ada dua pembalap asal Prancis yang start terdepan sejak pole kali pertama tercatat secara resmi pada 1974.

8. Maverick Vinales akan start dari posisi lima, yang merupakan hasil kualifikasi terburuk sejak start keenam di MotoGP Inggris musim lalu.

9. Andrea Dovizioso meraih hasil kualifikasi terburuk sejak berkarier di MotoGP pada 2008 setelah start dari posisi 18 di MotoGP Ceko 2020. Padahal Dovi selalu naik podium di Brno dalam dua musim terakhir, termasuk kemenangan pada 2018.

#motoGP

Index

Berita Lainnya

Index