5 Cara Sederhana Menjaga Kekuatan Otot

5 Cara Sederhana Menjaga Kekuatan Otot

CELOTEH RIAU--Otot yang kuat penting dimiliki agar tubuh terasa lebih bugar. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kekuatan otot Anda.

Otot yang sehat dan kuat bukan cuma perkara terhindar dari nyeri persendian. Lebih dari itu, otot yang sehat juga akan berdampak pada kesehatan organ tubuh lainnya seperti jantung.

Berikut beberapa cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menjaga otot tetap sehat, mengutip berbagai sumber.

 

1. Rutin latihan angkat beban

Sejak usia 40 tahun, tubuh manusia secara alami akan mulai kehilangan massa otot. Massa otot menghilang seiring terjadinya penurunan kadar hormon testosteron serta tingkat aktivitas fisik yang berkurang seiring pertambahan usia.

Tetap-lah hidup secara aktif untuk menghindari kehilangan massa otot pada usia lanjut. Mengutip Very Well Fit, olahraga beban dua kali dalam sepekan menjadi salah satu cara untuk menjaga kekuatan otot. Olahraga beban dapat melatih semua kelompok otot utama Anda.

2. Tidur yang cukup

Tidur adalah waktu bagi tubuh untuk melakukan pemulihan. Pada saat tidur, hormon testosteron, estrogen, dan hormon pertumbuhan manusia lainnya mulai memperbaiki dirinya sendiri. Untuk itu, penting bagi Anda untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

Tak hanya itu, relaksasi juga penting untuk menjaga otot tetap sehat. Betapa tidak, stres berlebih dapat memicu peningkatan hormon stres yang dapat menimbulkan banyak ketegangan otot.

3. Batasi asupan alkohol

Asupan alkohol yang berlebihan akan merusak otot Anda. Mengonsumsi terlalu banyak alkohol akan meningkatkan kadar estrogen dan testosteron Anda yang pada ujungnya akan membuat tubuh kehilangan massa otot.

4. Asupan protein yang cukup

Asupan protein sangat penting bagi kekuatan otot. Sebuah penelitian menemukan, menjaga asupan protein dapat membantu menjaga kekuatan otot. Mengutip Shape, protein menyediakan asam amino yang diperlukan tubuh sebagai bahan penyusun otot.

Sumber protein seperti daging ayam, telur, ikan, produk susu rendah lemak, kacang-kacangan, sayuran, dan biji-bijian harus selalu disertakan dalam menu makan dan kudapan Anda.

5. Makan lebih sedikit karbohidrat

Karbohidrat juga merupakan nutrisi penting yang dapat menyediakan energi bagi otot. Namun, konsumsi karbohidrat berlebih hanya akan membuat tubuh menimbun lemak.

Anda disarankan untuk mengonsumsi sekitar 15-25 gram karbohidrat dalam setiap kali makan dan ngemil. Pilih juga karbohidrat rendah lemak seperti makanan yang terbuat dari bahan dasar gandum.

Patuhi beberapa cara menjaga kekuatan otot di atas agar tubuh lebih bugar dan sehat.

 

 

Berita Lainnya

Index