Dandim 0301 Pekanbaru Terima Kunjungan Direktur Litbang Pusterad Brigjend Sudjari SIP MSi

Kamis, 10 September 2020 - 08:51:12 WIB Cetak

CELOTEH RIAU--Komandan Kodim 0301/PBR Kolonel Inf Edi Budiman SIP MIP menerima kunjungan Direktur Penelitian dan Pengembangan Pusterad Brigjen TNI Sudjari SIP MSI yang didampingi Kabaglitbang Sarpras Pusterad Mayor Inf Mochammad Denny Nurcahyono, SH MHan.

Kunjungan ini dalam rangka kajian Litbang Pusterad tentang pentingnya penyusunan Rencana Rinci Wilayah Pertahanan (RRWP) sebagai dasar penyusunan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) hanrat di Kodim 0301/Pekanbaru.


Turut hadir dalam kunjungan itu, Pasi Ops  Kodim 0301/Pekanbaru Kapten Arh Nirzam SSos, Pasi Pes Kodim 0301/Pekanbaru  Kapten Arm Febrizal, Pasandi Kodim 0301/Pekanbaru Letda Inf Ginting, Pasilog Kodim 0301/Pekanbaru Kapten Inf Jhony Sipahutar, Kaour Komsos Lettu Arh Iswandi, dan Danramil 01/Rumbai Mayor Kav Suharman SPd.

"Kami ucapkan selamat datang kepada Brigjen TNI Sudjari SIP.,MSI beserta rombongan di Pekanbaru atas kedatangannya di Kodim 0301/Pekanbaru, " kata  Dandim 0301 Pekanbaru Letkol Inf Edi Budiman SIP MIP mengawali sambutanya.

Pada kesempatan itu  Dandim menjelaskan dan memberikan gambaran sekelumit  tentang Kota Pekanbaru. Dimana Pekanbaru merupakan salah satu sentra ekonomi terbesar di bagian timur pulau Sumatera dan termasuk sebagai kota dengan tingkat pertumbuhan migrasi dan urbanisasi yang tinggi.

Selain itu, Dandim menambahkan Pekanbaru tumbuh pesat dengan berkembangnya industri terutama minyak bumi, serta pelaksanaan otonomi daerah Kota Pekanbaru ini memiliki posisi strategis berada di Jalan lintas timur Sumatera

Pekanbaru juga terhubung dengan beberapa kota seperti Medan kemudian Padang dan Jambi dengan wilayah administratif diapit oleh kabupaten Siak.

Hal ini juga diutarakan tim Pusterad datang ke jajaran Kodim 0301/Pekanbaru  dalam rangka melaksanakan penelitian dan pengembangan tentang pentingnya penyusunan RRWP sebagai dasar pembuatan RTRW pertahanan darat.

Brigjen TNI Sudjari.S.I.P.,M.Si. menambahkan dengan adanya kajian Litbang Pusterad kali ini diharapkan bisa memecahkan persoalan kurang singkronnya RTRW di daerah dan di level nasional sehingga bisa mempengaruhi kebijakan terutama dari sudut pandang pertahanan darat.

"Jadi dengan adanya kedatangan kita ini diharapkan bisa merumuskan kebijakan pimpinan TNI AD untuk membuat pedoman penyusunan RTRW  hanrat oleh satkowil khususnya Kodim 0301/Pekanbaru," imbuhnya.

Kabag Litbang Sarpras Pusterad Mayor Inf Mochammad Denny Nurcahyono,S.H.,M.Han. juga menerangkan bahwa binter sebagai fungsi utama TNI AD harus selalu dipelihara salah satunya melalui kegiatan penyusunan RTRW yang dimotori oleh Pemda setempat.



Baca Juga Topik #serba serbi+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+