Polri Tidak Izinkan Lanjutan Liga 1 Digelar

Polri Tidak Izinkan Lanjutan Liga 1 Digelar

CELOTEH RIAU--Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Pol. Argo Yuwono memastikan pihak kepolisian tidak mengeluarkan rekomendasi untuk kembali bergulirnya Liga 1 2020.

Argo mengungkapkan tidak terbitnya izin keramaian karena situasi pandemi covid-19 yang terus meningkat berkaitan dengan jumlah masyarakat yang terinfeksi.

Dinamo Zagreb 1-0
Selain itu, Polri bersama TNI dan pemangku kepentingan yang berkaitan dengan pandemi virus corona sedang fokus melakukan operasi yustisi terkait covid-19.

" Terkait Liga Indonesia Baru 1 dan 2 yg akan dilaksanakan mulai tanggal 1 Oktober 2020, Polri tdk mengeluarkan izin keramaian dengan pertimbangan; situasi pandemi covid masih terus meningkat, jumlah masyarakat yang terinfeksi," kata Argo kepada wartawan Senin (28/9).

"Polri sudah mengeluarkan maklumat dan penegasan tidak akan keluarkan izin keramaian di semua tingkatan. Berikutnya Polri bersama TNI serta stake holder terkait sedang konsentrasi mendukung kebijakan pemerintah, melaksanakan operasi yustisi di semua jajaran."

Langkah Polri tidak mengeluarkan rekomendasi ini membuat nasib lanjutan Liga 1 2020 jadi tanda tanya besar. Padahal, kompetisi sepak bola kasta tertinggi tanah air itu dijadwalkan kembali berlangsung pada 1 Oktober mendatang.

PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi sebelumnya memastikan kelanjutan Liga 1 2020 tanpa kehadiran penonton. Jadwal baru pun sudah dirilis dan akan dibuka pertandingan PSS Sleman vs Persik Kediri di Stadion Maguwoharjo, Kamis (1/10).

Sebelumnya, PSSI selaku induk organisasi sudah menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BPNB) tentang penyelenggaraan olahraga yang aman dari Covid-19.

MoU itu sekaligus sebagai izin dilanjutkannya gelaran Liga 1 2020 di masa pandemi. Penandatanganan MoU dilakukan secara virtual oleh Ketua BNPB sekaligus Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo dan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan pada 17 September lalu.

Lanjutan kompetisi Liga 1 2020 sendiri direncanakan akan bergulir pada 1 Oktober dan berakhir pada 28 Februari 2021.

 

#sepakbola

Index

Berita Lainnya

Index