Spirit Olahraga Menjaga Imunitas Tubuh  Ditengah Pandemi Corona

Sabtu, 03 Oktober 2020 - 09:19:29 WIB Cetak

Komunitas Pelatih Pekanbaru FC yang tetap melakukan olahraga untuk menjaga immunitas tubuh ditengah pandemi.(CELOTEHRIAU.COM)

CELOTEHRIAU--Setiap musibah atau bencana pasti mengandung hikmah didalamnya. Seperti pandemi wabah Coronavirus disease (covid-19) yang sudah menyerang Indonesia sejak Maret 2020 lalu.

Jika sebelumnya masyarakat kurang memperhatikan  olahraga, tapi sejak pandemi covid-19, olahraga menjadi kebutuhan.

Berbagai komunitas olahraga bermunculan baik olahraga individu maupun olahraga beregu. 

Posisi olahraga berguna untuk membugarkan bangsa mulai tersadarkan.Bahkan angka partisipasi olahraga 34 persen dan angka kebugaran 24 persen. 

Harus diakui  selama ini tidak banyak orang yang memperhatikan olahraga karena  mereka sudah merasa sehat dan bugar. Tapi begitu, pandemi Covid 19,  semua pihak merekomendasikan bahwa berolahraga selain memberikan  kebugaran  juga dapat membuat immunitas tubuh.

Khusus di Kota Pekanbaru, berbagai komunitas olahraga pun bermunculan.  Mulai dari olahraga lari, bersepeda sampai komunitas-komunitas olahraga.

Ya, olahraga memang menjadi salah satu aktivitas yang dapat mengusir rasa jenuh maupun kebosanan saat menghabiskan sebagian waktu di rumah. Namun, tetap perlu memperhatikan beberapa hal yang aman dilakukan, khususnya di tengah masa pandemi Covid-19.

Olahraga dapat dilakukan secara mandiri atau sendiri-sendiri. Bahkan masyarakat banyak yang melakukannya dalam komunitas.Seperti lari, bermain sepakbola dan lain-lain.

Di tengah masa penyebaran virus SARS-CoV-2 ini menjadi tantangan bagi masyarakat  yang biasa melakukannya secara berkomunitas. 

Berolahraga 30-60 menit dalam frekuensi sedang hingga cepat dapat membantu sistem kekebalan Anda mencegah virus. Saya menyarankan melakukan beberapa latihan fisik dimanapun Anda berada,".


Beberapa studi mengatakan bahwa olahraga bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Apalagi saat pandemi virus Corona saat ini, beberapa ahli menyarankan untuk tetap berolahraga dan selalu bergerak agar imunitas tetap terjaga.

Mulai frekuensi, durasi, hingga jenis olahraga mempunyai peran yang penting untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Imunitas tubuh yang kuat bisa membantu untuk melindungi tubuh dari serangan virus dan penyakit.

Berikut beberapa syarat olahraga yang baik untuk bisa meningkatkan sistem imunitas tubuh kamu. Yuk simak!


1. Frekuensi olahraga

Frekuensi pada olahraga biasanya dilakukan seberapa sering seseorang melakukan olahraga pada setiap minggu. WHO menyarankan untuk berolahraga setiap hari sekitar 30-45 menit dengan intensitas olahraga sedang.


2. Intensitas olahraga

Intensitas adalah kekuatan olahraga dalam memacu jantung. Intensitas olahraga yang disarankan adalah sedang ke berat. Semakin jantung berdetak dengan cepat atau semakin terengah- engah, semakin tinggi intensitas olahraga yang dilakukan. Tapi jangan lupa, sesuaikan intensitas dengan kesanggupan tubuh.

3. Durasi olahraga

Durasi berolahraga yang terlalu lama justru tidak baik untuk kekebalan tubuh. Begitu pula sebaliknya, berolahraga terlalu sedikit tidak dapat memacu sistem imun. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan olahraga optimal hingga 300 menit per minggu atau sekitar 45 menit hingga 60 menit setiap harinya.

 

4. Jenis olahraga

Syarat yang ke empat adalah jenis olahraga, WHO menyarankan untuk melakukan olahraga jenis aerobik atau olahraga yang memacu detak jantung. Banyak penelitian membuktikan olahraga aerobik baik untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Beberapa contoh olahraga aerobik adalah berjalan, berlari, bersepeda, dan berenang.

5. Konsistensi

Konsistensi dalam berolahraga memiliki peran penting untuk menjaga sistem imunitas tubuh. Olahraga yang dilakukan secara rutin lebih ampuh untuk meningkatkan sistem imun tubuh daripada olahraga yang hanya dilakukan sesekali saja.

 


 

 

 



Baca Juga Topik #kesehatan+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+