Dr Marobana Munthe M E Sy Nakhodai PD DMI Kota 2021-2026

Rabu, 31 Maret 2021 - 11:47:10 WIB Cetak

CELOTEHRIAU--DR Marobana Munthe ME.Sy menakhodai Pimpinan Daerah Dewan Masjid Indonesia ( PD DMI) Kota Pekanbaru periode 2021-2026. Setelah secara aklamasi dipilih pengurus perwakilan 12 kecamatan  pada Musyawarah Daerah ( Musda) PD DMI Kota yang digelar di Aula Rumah Dinas Wakil Walikota Pekanbaru, Selasa (30/3/2021) malam.

Musda ini dibuka langsung  oleh Wakil Walikota Pekanbaru  Ayat Cahyadi, S.Si.Tampak hadir, Ketua DPRD Kota Pekanbaru Hamdani MS. SIP, Ketua PW DMI Riau Ustad Dr. Mashuri Putra, Lc. MA, Sekum Ustad Mizan Asnawi, SE. M.Ec. Devl. Yasser Hamidi, SPi. Ketua Komisi III DPRD Kota Pekanbaru.  

Ketua PD DMI Kota terpilih Ustadz Dr. Marabona Munthe, M.E.Sy menyampaikan ungkapan rasa syukur atas proses musda yang begitu demokratis. Ia  berharap kepengurusan yang baru akan dapat mewujudkan program- program yang riil untuk kemajuan masjid-masjid di Kota Pekanbaru. 

"Sebagai pengurus DMI, kita siap mewujudkan program-program dan menjadi koordinator serta fasilitator bagi masjid-masjid yang memang ingin mewujudkan fungsi ideal masjid sebagai pusat peradaban ummat, baik dari segi Imarah, idarah dan riayahnya."

"Imarah berarti memakmurkan masjid sebagaimana dalam Al-Qur'an surat at-taubah ayat 18 tapi juga masjid diharapkan mampu memakmurkan jama'ah. Idarah berarti sistem administrasi dan pengelolaan keuangan dan kegiatan masjid dilakukan secara transparan dan modern.Dan Riayah berarti mewujudkan pembangunan dan pemeliharaan masjid dengan baik sehingga jama'ah dapat merasakan kenyamanan ketika berada di masjid," tegasnya .

 

Ini Harapan Wawako pada PD DMI Kota 

Wakil Walikota Ayat Cahyadi SSi  berharap  kepengurusan DMI Kota Pekanbaru yang baru terpilih dapat bersinergi dengan Pemerintah Kota Pekanbaru untuk semakin mengokohkan kota ini sebagai Smart City Madani.

Sabagaimana diketahui,  awal kota ini berdiri adalah dari sejarah pasar bawah yang juga identik dengan Masjid Raya. Maka bagaimana pun juga identitas kota Madani akan dapat diwujudkan salah satu satunya melalui masjid dan memakmurkannya.

"Pemko selama ini telah menunjukkan komitmen untuk mewujudkan masjid paripurna sampai ke tingkat kelurahan maka mudah-mudahan melalui program DMI kota ini, akan terwujud banyak masjid paripurna yang program dan kegiatannya jauh lebih paripurna dari masjid paripurna itu sendiri" ujarnya.

Sementara itu Ketua PW  DMI Riau Ustadz Mizan Asnawi dalam sambutannya menuturkan telah banyak program yang telah dilaksanakan oleh DMI diantaranya ada mobil akustik untuk perbaikan sound sistem masjid yang bermasalah, ada program percepatan sertifikasi tanah wakaf, program bersih-bersih masjid, sekolah manajemen masjid, program ekonomi berbasis masjid dengan membuka swalayan masjid untuk memenuhi kebutuhan jamaah, penguatan ekonomi berbasis BMT yang sudah berjalan satu tahun.

Kemudian, kata Mizan, untuk  mewujudkan masjid ramah anak, digitalisasi masjid jugan telah dilakukan. Yakni  pemasangan WiFi dengan biaya yang sangat murah setiap bulannya bekerja sama dengan Telkom dan disupport oleh Bank Indonesia dan program lainnya.



Baca Juga Topik #serba serbi+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+