Tujuh Pemain Pencipta Hattrick Dalam Satu Laga 

Kamis, 10 Juni 2021 - 12:46:46 WIB Cetak

CELOTEH RIAU?? Jelang Euro 2020 (Euro 2021) beberapa nama disebut bakal masuk dalam jajaran pencetak hattrick di turnamen antarnegara Eropa menyamai tujuh pencetak trigol dalam edisi sebelumnya.

Banyak penyerang-penyerang tajam yang digadang-gadang bisa menunjukkan kemampuan di Euro 2020, seperti Harry Kane, Romelu Lukaku, Kylian Mbappe, Robert Lewandowski, dan Cristiano Ronaldo.

Dari 15 edisi Piala Eropa sebelumnya, hanya ada tujuh pemain yang sanggup membobol gawang lawan sebanyak tiga kali dalam satu laga.

Di antara tujuh nama tersebut, legenda Prancis Michel Platini mendapat pengecualian lantaran mencetak hattrick dalam dua pertandingan.

Berikut tujuh pemain yang mencetak hattrick di Euro:

1. Dieter Muller (Semifinal Euro 1976)

Pemain Jerman Barat, Dieter Muller tampil sebagai pencetak hattrick pertama di Euro. Muller menjadi pahlawan Jerman Barat di babak semifinal ketika menghadapi Yugoslavia.

Muller yang waktu itu berusia 22 tahun baru menjalani debut untuk Jerman Barat dan mencetak gol pada menit ke-82 guna menyamakan kedudukan menjadi 2-2. Dalam babak tambahan, Muller mencetak gol kemenangan pada menit ke-115 dan ke-119.


2. Klaus Allofs (Fase Grup Euro 1980)

Orang kedua yang membuat trigol di Euro juga berasal dari Jerman Barat. Klaus Allofs memborong seluruh gol Jerman Barat ke gawang Belanda.

Allofs mencetak gol pada menit ke-20, 60, dan 65. Sosok legenda Jerman Barat lainnya, Bernd Schuster juga tak bisa dikesampingkan karena tampil sebagai kreator gol Allofs.

3. Michel Platini (Dua Laga Fase Grup Euro 1984)

Setelah laga pembuka yang hanya berakhir dengan kemenangan 1-0, Prancis yang bertindak sebagai tuan rumah kemudian menunjukkan kemampuan mencetak gol pada laga ketiga dengan tokoh utama bernama Michel Platini.

Mantan pemain Juventus itu mencetak gol dengan kaki kiri pada menit keempat, yang dilanjutkan dengan gol kaki kanan pada menit ke-74, dan sebuah sundulan pada menit ke-89.

Tiga hari berselang, Platini kembali membuat tiga gol. Sepakan kaki kiri pada menit ke-59, tandukan pada menit ke-62, dan tendangan kaki kanan pada menit ke-77 membawa Prancis menang 3-2 atas Yugoslavia.

Hattrick dalam waktu 18 menit tercatat sebagai yang tercepat di Euro. Platini juga masih memegang rekor sebagai pemain dengan dua hattrick di Piala Eropa.


4. Marco van Basten (Fase Grup Euro 1988)
Cerita Belanda sebagai juara Piala Eropa 1988 tak lepas dari nama Marco van Basten. Sebelum mencetak gol legendaris di final, penyerang jebolan Ajax itu unjuk kemampuan dengan mencetak hattrick di fase grup melawan Inggris.

Van Basten mencetak gol pertama pada menit ke-44. Sementara gol kedua dan ketiga ditorehkan pada menit ke-71 dan ke-75. Ketiga assist untuk Van Basten dikirim sosok tenar lain dari tim Oranye, Ruud Gullit.

5. Sergio Conceicao (Fase Grup Euro 2000)

Gelandang serang Portugal, Sergio Conceicao, menjadi perbincangan ketika mencetak hattrick ke gawang Jerman. Die Nationalmannschaft yang berstatus sebagai juara bertahan keok di tangan Portugal yang menjadi kuda hitam.

Kendati hanya menjadi pemain pengganti pada dua laga fase grup sebelumnya, Conceicao tampil gemilang dengan sebuah gol di babak pertama dan dua gol pada babak kedua.


6. Patrick Kluivert (Perempat Final Euro 2000)

Penyerang andalan timnas Belanda, Patrick Kluivert, mencetak separuh gol tim Oranye ketika menggasak Yugoslavia dalam laga perebutan tiket ke semifinal.

Kluivert memanfaatkan assist Dennis Bergkamp untuk mencetak gol pertama pada menit ke-24. Selanjutnya mantan pemain AC Milan itu mendapat sodoran umpan dari Edgar Davids, dan Boudewijn Zenden untuk mencetak dua gol lain pada menit ke-38 dan 54.

Kluivert juga terlibat dalam proses penyelesaian akhir gol Belanda pada menit ke-51, namun kemudian dinyatakan sebagai gol bunuh diri pemain Yugoslavia Dejan Govedarica.

7. David Villa (Fase Grup Euro 2008)

Mantan penyerang Spanyol, David Villa, tercatat sebagai pemain terakhir yang bisa mencetak hattrick di Euro. Juru gedor Tim Matador itu tiga kali membobol gawang Rusia.

Setelah Villa tidak ada lagi pemain yang mampu mencetak hattrick dalam dua perhelatan Euro selanjutnya pada 2012 dan 2016.



Baca Juga Topik #sepakbola+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+