PROFIL TIM EURO 2020, Performa Terbaik Sejak 1996 Inggris Percaya Diri Juara 

Kamis, 10 Juni 2021 - 21:04:16 WIB Cetak

CELOTEH RIAU-- Timnas Inggris saat ini berada dalam performa terbaik sejak 1996. Karenanya Inggris percaya diri bisa menjuarai Euro 2020 (Euro 2021).

Tolok ukur impresif ini bisa diukur dari posisi Inggris dalam peringkat FIFA. Selama 2 tahun ini, 2020-2021, The Three Lions menempati posisi keempat, setelah pada 2018 menempati peringkat ke-5.

Terakhir kali Inggris menempati posisi ke-4 rangking FIFA adalah saat 1997, setelah Piala Eropa 1996. Namun, pada tahun yang sama posisi Inggris sempat merosot ke peringkat ke-14.

Hasil pertandingan tim asuhan Gareth Southgate ini selama setahun terakhir cukup menjanjikan. Dari 18 pertandingan, Inggris meraih 12 kemenangan serta tiga hasil imbang dan tiga kekalahan.

Bahkan, Inggris menjadi tim tersubur kedua saat tampil dalam Kualifikasi Piala Eropa 2020 pada 2019. Dari delapan pertandingan Grup A, Inggris mengoleksi 37 gol. Jumlah gol Harry Kane dan kawan-kawan hanya kalah dari Belgia yang mengoleksi 40 gol.

Faktor lain yang membuat Inggris semakin dijagokan karena bertindak sebagai tuan rumah. Sejatinya Piala Eropa 2020 akan berlangsung di 11 negara. Namun, laga semifinal dan final akan berlangsung di Stadion Wembley, Inggris.

Pada era saat ini Inggris pun sudah punya striker yang tiga kali meraih sepatu emas Liga Premier Inggris, Harry Kane. Striker timnas Inggris terakhir yang bisa menciptakan hal tersebut adalah Alan Shearer, yakni pada periode 1994 hingga 1997.

 

Saat ini, lini tengah Inggris pun layak diwaspadai. Gelandang-gelandang Inggris yang sedang menonjol ini dominan berusia di bawah 25 tahun. Dua pemain yang paling menjanjikan adalah Mason Mount dan Phil Foden. Mount jadi nyawa serangan Chelsea dan Phil Foden seringkali menjadi pahlawan Manchester City.

Sepanjang musim 2020/2021 Mount melakoni 53 pertandingan bersama Chelsea dan menyumbang 9 gol serta 8 assist. Sedangkan Foden menyumbang 16 gol dan 10 assist dari 49 pertandingan bersama Manchester City.

Lini belakang Inggris juga diisi oleh pemain-pemain muda yang punya kualitas dan jam terbang tinggi. Sayangnya, saat ini mereka tengah dalam masalah cedera. Trent Alexander-Arnold batal tampil dan kondisi Harry Maguire masih dipertanyakan. 

Banner Live Streaming MotoGP 2021
"Kami sadar, harus ada beberapa peningkatan yang kami lakukan. Kami mulai mengalahkan tim-tim teratas [dunia] selama beberapa tahun terakhir. Kami harus melakukannya secara konsisten jika ingin memenangkan turnamen ini [Piala Eropa 2020]," kata Southgate dilansir dari Sky Sport.

Di pesta olahraga Eropa kali ini, Inggris akan bertemu dengan Kroasia (13/6), Skotlandia (18/6), dan Ceko (22/6).

Daftar Pemain Timnas Inggris di Euro 2020:
Kiper: Dean Henderson (Manchester United), Sam Johnstone (West Bromwich Albion), Jordan Pickford (Everton)

Belakang: Ben Chilwell (Chelsea), Conor Coady (Wolves), Reece James (Chelsea), Harry Maguire (Manchester United), Tyrone Mings (Aston Villa), Luke Shaw (Manchester United), John Stones (Manchester City), Kieran Trippier (Atlético), Kyle Walker (Manchester City).

Tengah: Jude Bellingham (Dortmund), Phil Foden (Manchester City), Jack Grealish (Aston Villa), Jordan Henderson (Liverpool), Mason Mount (Chelsea), Kalvin Phillips (Leeds United), Declan Rice (West Ham), Bukayo Saka (Arsenal), Jadon Sancho (Dortmund).

Depan: Dominic Calvert-Lewin (Everton), Harry Kane (Tottenham), Marcus Rashford (Manchester United), Raheem Sterling (Manchester City).



Baca Juga Topik #sepakbola+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+