PROFIL TIM EURO 2020, Bara Dendam 25 Tahun Skotlandia 

Kamis, 10 Juni 2021 - 21:48:56 WIB Cetak

CELOTEH RIAU--Masa penantian selama 25 tahun Skotlandia sudah di depan mata. Di Euro 2020 (Euro 2021) The Tartan Terrier akhirnya punya kans balas dendam ke Inggris.

Memori Piala Eropa 1996 masih melekat di benak masyarakat Skotlandia. Kala itu, tepatnya di Stadion Wembley, London, Gary McAllister dan kawan-kawan dilibas Alan Shearer dan kolega dengan skor 2-0.

Tak hanya dibungkam, kekalahan tersebut membuat Skotlandia tersingkir dari Piala Eropa. Pasalnya, Skotlandia hanya bermain imbang saat melawan Belanda dan Swiss. Hal ini membuat Belanda lolos ke babak delapan besar. Itulah kenangan terakhir Skotlandia di Piala Eropa.

Setelah itu, keduanya memang sempat enam kali bertemu. Rinciannya, dua kali bertemu dalam laga uji coba, dua laga kualifikasi Piala Eropa, dan dua laga kualifikasi Piala Dunia. Hasilnya, Skotlandia sekali menang dan imbang serta empat kali kalah.

Bek Skotlandia, Grant Hanley, dengan tegas menawarkan 'perang' ke Inggris. Menurut bek Norwich City berusia 29 tahun tersebut, pemain Skotlandia tak datang ke Inggris untuk berpesta, melainkan membuat perhitungan.

"Pikiran awal ketika berada di ajang besar adalah sangat senang dan bersemangat. Tapi, setelah itu, para pemain [Skotlandia] ingin melakukan keadilan bagi diri mereka sendiri," kata Hanley, dilansir dari media Skotlandia, Daily Record.

Demi memenuhi ambisi balas dendam tersebut, negeri bagian kerajaan Inggris ini akan menjalani pemusatan latihan di Spanyol selama sepekan.

Tim asuhan Steve Clarke inisudah menjalani dua laga uji coba, melawan Belanda (2/6) yang berakhir imbang dan kemenangan atas Luksemburg (6/6).Dua laga tersebut menjadi pemanasan sebelum melawan Ceko (14/6) dalam laga pembuka Piala Eropa 2020.

Jika mengacu peringkat FIFA, Skotlandia merupakan yang terlemah di Grup C Piala Eropa 2020 yang akan berlangsung mulai 11 Juni 2021. Saat ini Andrew Robertson dan kawan-kawan berada di peringkat ke-44 FIFA, sedang Inggris di posisi keempat, Kroasia ke-14, dan Ceko ke-40.

Sejarah sepak bola keempat negara tersebut, bila ditinjau dari keikutsertaan dalam dua ajang major dalam tiga dekade terakhir, yakni di Piala Dunia dan Piala Eropa, Skotlandia menjadi yang paling terbelakang.

Namun, jika mengacu hasil pertandingan selama 2020/2021, Skotlandia tak pantas berkecil hati. Dari 11 pertandingan, Skotlandia hanya 2 kali kalah, 6 kali imbang, dan 5 kali meraih kemenangan.

Adapun pada 2019, setelah Clarke menggantikan posisi Alex McLeish pada Mei 2019, 4 kekalahan dan 5 kemenangan diraih. Total dari 19 pertandingan, Clarke mempersembahkan 9 kemenangan, 6 hasil imbang, dan 6 kekalahan.

Dari 26 pemain yang dipanggil Clarke untuk Piala Eropa 2020, ada 6 striker. Menariknya, 4 di antaranya yaitu Ryan Christie, Lyndon Dykes, Che Adams, dan Kevin Nisbet, punya statistik lumayan di kompetisi musim ini.


Namun, bintang lini tengah Skotlandia adalah Scott McTominay. Pemain Manchester United ini sedang dalam performa terbaik. Itu bisa dilihat dari koleksi 7 gol dan 1 assist dari 48 pertandingan.

Beralih ke pertahanan, selain Hanley ada Andrew Robertson. Pemain Liverpool ini bisa dibilang sebagai pemain paling sukses Skotlandia pada era ini. Salah satunya karena ia sudah meraih gelar Liga Champions Eropa.

 

Daftar Pemain Skotlandia Menuju Euro 2020:
Kiper: Craig Gordon (Hearts), David Marshall (Derby), Jon McLaughlin (Rangers)

Bek: Liam Cooper (Leeds), Declan Gallagher (Motherwell), Grant Hanley (Norwich), Jack Hendry (Celtic), Scott McKenna (Nottingham Forest), Stephen O'Donnell (Motherwell), Nathan Patterson (Rangers), Andy Robertson (Liverpool), Greg Taylor (Celtic), Kieran Tierney (Arsenal)

Gelandang: Stuart Armstrong (Southampton), Ryan Christie (Celtic), John Fleck (Sheffield United), James Forrest (Celtic), Ryan Fraser (Newcastle United), Billy Gilmour (Chelsea), John McGinn (Aston Villa), Callum McGregor (Celtic), Scott McTominay (Manchester United), David Turnbull (Celtic)

Penyerang: Ché Adams (Southampton), Lyndon Dykes (QPR), Kevin Nisbet (Hibernian)



Baca Juga Topik #sepakbola+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+