PROFIL EURO 2020,  Harapan Austria Pada Si Bayi Ajaib Sasa Kaljdzic

Kamis, 10 Juni 2021 - 22:22:03 WIB Cetak

CELOTEH RIAU--Timnas Austria mungkin hanya 'ikan kecil' di Eropa. Euro 2020 (Euro 2021) adalah ajang ketiga major yang diikuti. Namun, Austria kini punya 'bayi ajaib' bernama Sasa Kalajdzic.

Pemuda 23 tahun ini tampil cemerlang bersama VfB Stuttgart di Bundesliga. Musim ini, dari 30 pertandingan yang dilakoni dalam semua ajang, Kalajdzic mencetak 16 gol. Ia juga menyumbang 6 assist.

Bersama timnas Austria, selama 2021, Kalajdzic juga tampil garang. Dari tiga kesempatan, striker kelahiran Wien, Austria ini melesakkan tiga gol dari tiga pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Postur yang tinggi, 2 meter, membuatnya tak hanya kukuh dalam duel satu lawan satu, melainkan juga liat dalam duel di udara. Hal inilah yang membuat Franco Foda, pelatih Timnas Austria, sangat berharap pada ketajaman sang bayi ajaib tersebut.

"Dia [Kalajdzic] telah berkembang pesat dalam beberapa bulan terakhir. Dia memiliki pergerakan yang saat berada baik di area penalti. Kami jelas senang bahwa kami sekarang memiliki lebih banyak alternatif dan striker," kata Foda kepada LAOLA1, dilansir dari HITC.

Foda bahkan sangat berharap Kalajdzic mencoba peruntungan di Liga Inggris mulai musim 2021-2022. Jika diminta saran, ia berharap Kalajdzic dipinang Liverpool. Tujuannya, agar makin matang dan bisa membawa Austria lolos ke Piala Dunia 2022.

Sejatinya, dari 30 nama yang dipanggil Foda untuk persiapan Piala Eropa 2020 pada akhir Mei ini, ada 6 sosok striker. Jika mengacu statistik, dari keenam striker itu Kalajdzic yang paling menonjol. Namun, ada alternatif lain yang bisa diracik Foda.

Juru gedor yang dimaksud itu adalah Marcel Sabitzer. Pemain terbaik Austria 2017 ini juga tampil mengesankan bersama RB Leipzig: melesakkan 9 gol dan 7 assist dari 39 laga. Namun, Sabitzer bukan striker murni. Ia biasa beroperasi sebagai second striker atau penyerang sayap.

Untuk lini tengah, ada Christoph Baumgartner. Pemuda 21 tahun ini melakoni 41 pertandingan bersama 1899 Hoffenheim dalam semua ajang pada musim 2020-2021. Dari 41 laga itu ia menyumbang 9 gol dan 7 assist.

Bila Kalajdzic digadang-gadang jadi bintang masa depan, bintang Austria yang sebenarnya adalah David Alaba. Pemain yang sukses mengantarkan Bayern Munich meraih gelar juara Bundesliga ini akan menjadi motor pertahanan.

Sayangnya, statistik kebobolan Austria selama 2020-2021 tak menggembirakan. Dari 11 pertandingan, gawang Austria 14 kali kebobolan.Bahkan, dalam laga terakhir melawan Denmark (31/3), berakhir dengan kekalahan 0-4.

Dalam 10 pertandingan babak kualifikasi Piala Eropa 2020 pada 2019, jumlah kebobolan Austria pun jadi catatan. Gawang Heinz Lindner 9 kali dibobol lawan, yang berbuah 6 kemenangan, 1 imbang, dan 3 kekalahan.

Karenanya, dua pertandingan uji coba melawan Inggris (2/6) dan Slovakia (6/6) akan jadi tolak ukur bagi Franco Foda. Ini adalah pemanasan pemungkas sebelum bentrok dengan Makedonia Utara dalam laga pembuka Grup C Piala Eropa 2020.

Berkaca dari hasil laga Kualifikasi Piala Eropa 2020, Austria diunggulkan karena unggul 2-1 dan 4-1 atas Makedonia Utara. Namun, setelah itu Austria akan melawan dua tim yang lebih diunggulkan, Belanda (17/6) dan Ukraina (21/6).

Foda mengatakan, semua pemain Austria dalam kondisi terbaik. Bahkan, mantan pemain Timnas Jerman ini menyebut komposisi skuad Timnas Austria saat ini adalah yang terbaik dari dua dekade terakhir, karena berisi 22 pemain yang tampil di Liga Jerman 2020-2021.

"Setiap pemain [Timnas Austria] sedang dalam suasana hati yang sangat positif saat ini. Saya berasumsi bahwa semua pemain akan dalam kondisi prima saat tampil di Piala Eropa 2020, "kata Foda, dilansir dari De Stuttgarter Nachrichten.

Skuad timnas Austria di Euro 2020
Kiper: Daniel Bachmann (Watford), Pavao Pervan (Wolfsburg), Alexander Schlager (LASK).

Belakang: David Alaba (Bayern), Aleksandar Dragovi? (Leverkusen), Marco Friedl (Werder Bremen), Martin Hinteregger (Frankfurt), Stefan Lainer (Mönchengladbach), Philipp Lienhart (Freiburg), Stefan Posch (Hoffenheim), Andreas Ulmer (Salzburg).

Tengah: Julian Baumgartlinger (Leverkusen), Christoph Baumgartner (Hoffenheim), Florian Grillitsch (Hoffenheim), Stefan Ilsanker (Frankfurt), Konrad Laimer (Leipzig), Valentino Lazaro (Internazionale), Karim Onisiwo (Mainz), Marcel Sabitzer (Leipzig), Louis Schaub (Luzern), Xaver Schlager (Wolfsburg), Alessandro Schöpf (Schalke), Christopher Trimmel (Union Berlin).

Depan: Marko Arnautovi? (Shanghai Port), Michael Gregoritsch (Augsburg), Sasa Kalajdzic (Stuttgart).



Baca Juga Topik #sepakbola+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+