PROFIL TIM EURO 2020, Makedonia Utara Andalkan Duet Emas 

Kamis, 10 Juni 2021 - 22:24:31 WIB Cetak

CELOTEH RIAU--Ada dua 'emas' di Timnas Makedonia Utara yang akan tampil di Euro 2020 (Euro 2021) Mereka adalah Goran Pandev dan Aljif Elmas yang akan menjadi harapan negeri di Semenanjung Balkan ini.

Makedonia Utara merupakan debutan di Piala Eropa 2020. Mereka juga merupakan tim terbawah dalam ranking FIFA di Piala Eropa 2020; peringkat ke-62. Namun, mereka sama sekali tak pantas diremehkan.

Hasil pertandingan di MSV-Arena, Duisburg, Jerman pada 31 Maret 2021, kiranya bisa jadi tolok ukur. Dalam laga tandang Kualifikasi Piala Dunia 2022 itu Makedonia Utara secara mengejutkan menggebuk Jerman 2-1.

Dua gol Makedonia Utara dilesakkan Pandev dan Elmas, memanfaatkan assist Arijan Ademi. Adapun gol Jerman diciptakan Ilkay Gundogan lewat eksekusi penalti.

Hasil ini jadi kampanye Igor Angelovski, pelatih Makedonia Utara, menjelang Piala Eropa 2020. Pasalnya, dalam 3 laga sebelumnya, tim berjulukan The Lions ini menelan dua kekalahan dari Rumania dan Armenia.

Hanya saja, lini depan Makedonia Utara tak menjanjikan. Hanya ada Pandev yang jadi bintang besar mereka, namun kini usianya sudah menginjak 37 tahun. Ketajamannya memang masih terbukti di Liga Italia bersama Genoa, tapi kecepatannya sudah jauh menurun.

Ada pula Ivan Trichkovski yang musim ini membela klub Siprus, AEK Larnaca. Musim ini Trichkovski mengoleksi 16 gol dari 30 pertandingan. Namun, sama seperti Pandev, usianya sudah 34 tahun.

Sisanya: Aleksandar Trajkovski, Krste Velkoski, Vlatko Stojanovski, dan Milan Ristovski, tak menonjol bersama klub masing-masing pada musim ini.

Daftar pencetak gol Makedonia Utara sepanjang 2020-2021; dalam 11 pertandingan, pun tak didominasi striker. Para juru gedor Makedonia hanya menyumbang 9 gol dari 21 gol yang diciptakan. Sisanya diborong gelandang dan bek sayap.

Jika mengacu babak kualifikasi Piala Eropa 2020 pada 2019, top skor Makedonia Utara pun gelandang, Eljif Elmas dengan 4 gol. Bersama Napoli, Elmas mengoleksi 3 gol dan 1 assist dari 44 pertandingan di semua ajang pada musim 2020/2021.


Pemain berdarah Turki yang menjalani debut di Timnas Makedonia pada 11 Juni 2017 saat masih berusia 17 tahun ini pun sedang diburu banyak klub besar Eropa. Sejak bursa transfer musim dingin lalu, namanya sudah jadi pergunjingan.

Gelandang Makedonia Utara lainnya yang tampil konsisten bersama klub pada musim ini adalah Arijan Ademi dan Enis Bardhi. Utamanya Ademi menjadi tulang punggung lini tengah klub Kroasia, Dinamo Zagreb. Ia menjalani 45 pertandingan dan mencetak 6 gol pada musim ini.

Untuk barisan pertahanan, Angelovski tak punya banyak pilihan. Dari 15 pemain yang dipanggil selama 2021, hanya Ezgjan Alioski yang punya nama besar. Musim ini Alioski membela klub kontestan Liga Inggris, Leeds United.

Beruntung, negeri pecahan Yugoslavia ini punya kiper andal, Stole Dimitrievski. Musim ini Dimitrievski membela Rayo Vallecano di La Liga dan menjalani 28 pertandingan dengan 27 kebobolan serta 9 kali clean sheets.

Masalahnya, jika pemain-pemain utama yang disebutkan tadi absen karena cedera atau karena hal lainnya, tak ada pengganti yang sepadan. 3Inilah yang membuat Angelovski sadar diri saat tampil di Piala Eropa 2020.

"Kami sadar akan kualitas kami dan kami tahu kualitas Piala Eropa. Tujuan yang telah saya tetapkan adalah berjuang untuk lolos ke babak selanjutnya," kata Angelovski, dilansir dari France 24.



Baca Juga Topik #sepakbola+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+
Olahraga

Barcelona Jual Coutinho Lebih Murah

Jumat, 01 Mei 2020
Olahraga

VAR Pastikan Kemenangan Atletico Madrid

Ahad, 21 Juni 2020