Porsche Bakal Diproduksi di Malaysia, Pertama di Luar Jerman

Porsche Bakal Diproduksi di Malaysia, Pertama di Luar Jerman

CELOTEH RIAU-- Porsche AG mengumumkan bakal memulai produksi mobil secara Completely Knock Down (CKD) di Malaysia. Strategi ini untuk memperkuat jangkauan perusahaan di kawasan Asia Tenggara.

Porsche bekerja sama dengan perusahaan lokal Sime Darby untuk produksi. Perusahaan yang juga berperan sebagai distributor mobil Porsche ini memiliki pabrik perakitan kendaraan di Kedah yang sudah menghasilkan BMW, Hyundai, Mazda, dan Mini.

Jadwal produksi mobil Porsche dimulai pada 2022, untuk sementara unit terbatas buat pasar Malaysia.

"Situs perakitan baru di Malaysia sesuai kebutuhan pasar spesifik, dan walau ini proyek yang berdiri sendiri dan menengah dalam ukuran dan kapasitas, ini merupakan sinyal keinginan kami untuk belajar dan beradaptasi pada kondisi pasar lokal yang spesifik," kata Albrecht Reimold, anggota direksi Porsche untuk produksi dan logistik, diberitakan Paultan.org, Senin (30/8/2021).

Sejauh ini belum ada informasi model Porsche mana yang bakal diproduksi di Malaysia. Carlist.my menjelaskan keterangan resmi dari Porsche mengatakan 'mobil sport' namun tak menyebut SUV semacam Cayenne dan Macan seperti dispekulasikan sebelumnya.

Saat ini Porsche menjual 718, 911, Taycan, dan Panamera di Malaysia. Produksi salah satu model ini kemungkinan bikin harga jualnya turun sehingga lebih kompetitif di pasar.

Produksi Porsche di Malaysia bakal menjadi yang pertama di luar Eropa. Markas sekaligus pabrik utama Porsche saat ini berada di Zuffenhausen, Stuttgart, Jerman, namun Porsche juga memproduksi Cayenne dan Panamera di Leipzig.

Berita Lainnya

Index