H-2 Jelang Penutupan PON XX, Riau Kemas 60 Medali Kontribusi 20  Cabang Olahraga

Kamis, 14 Oktober 2021 - 08:09:16 WIB Cetak

CELOTEHRIAU--Sampai H -2 penutupan pesta olahraga multi Iven Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua tahun 2021, sudah 634 medali emas 620 perak dan 769 perunggu atau total 2022 medali direngkuh kontestan dari 34 provinsi.

Jawa Barat menjadi yang terdepan dengan 123   medali emas 95 Perak  dan 105 perunggu ,  diikuti Jawa Timut dengan  106 emas 86  perak dan 76 perunggu. Kemudian peringkat ketiga  DKI Jakarta dengan 97 emas 86 perak dan  96 perunggu.

Sementara  tuan rumah Papua 86 emas 97 perak  93 perunggu disusul , Bali diperingkat kelima dengan  27  emas 21 perak 46 perunggu.Lalu  Jawa Tengah diposisi keenam dengan 24 emas  45 perak dan  61 peruggu, dan  Kalimatan Timur diposisi ketujuh dengan  22 medali emas 32 Perak dan 39 perunggu.

Dan peringkat paling bawah alias juru kunci diisi Maluku Utara dan Sulawesi Barat yang bertengger diurutan ke 33 dan 34 dengan torehan dua medali perunggu.

Sementara kontingen Riau yang pada tahun 2016 lalu pada PON di Jawa Barat  finis diurutan ketujuh besar masih tertahan diperingkat kedelapan. Kontingen Bumi Lancng Kuning menggondol  20 medali emas 23 medali perak dan 18 medali perunggu atau total 60 medali,  kontribusi dari 18 cabang olahraga .

Torehan 17 medali emas 20 perak dan 18 medali perunggu didaftar perolehan sementara medali, mengantarkan kontingen Bumi Lancang Kuning bertengger di posisi keenam di PON XX yang digelar di Bumi Cendrawasih.

Cabang olahraga anggar menjadi pendulang terbanyak medali emas.Selain itu tim besutan Zulkifli juga berstatus juara umum cabor anggar PON XX dengan koleksi  5 emas  4 perak  1 satu perunggu.

Medali emas dipersembahkan, Nisa Aprawasih (nomor Degen Individual Putri), M Fuad (Floret Individual Putra), Floret Beregu Putri ( Ayu Pani, Nurul Aini dan Fitri Handayani ), Degen Beregu Putra ( M. Fajri, M.Facroji, Dwi Angga Mayudhi) dan Megawati (Degen Individual Putri)

Sementara medali perak dipersembahkan, M. Fajri Nomor (Degen Perorangan Putra), Sabel Beregu Putra ( M.Zuhdi, M. Hafiszan, Fauzan Novriansyah), Nurul Aini (Floret Individual Putri) dan .FloretBeregu Putra (M Fattah Prasetyo, M Fuad, Anggi Normansyah), lalu satu perunggu dari M. Fachrozi (Nomor Degen Perorangan Putra).

Diurutan kedua  cabor yang berkontribusi medali, adalah cabor angkat berat yang dmeraup  3 emas  5 perak dan  1 perunggu. Medali emas dikoleksi Syaifahmi Rizki (kelas 59kg), Andre Satria (kelas 74 kg), Willy Sandria (kelas 93kg), lalu lima  keping perak  dari Windi Hastuti (Kelas 47kg), Rostianna (Kelas 52 kg),Hendri (kelas 83kg) dan Sri Rahayu (kelas 84 kg) putri dan , Sigit Prasetyo (kelas 106kg)   serta sekeping perunggu dihasilkan Yanuar Sihura (kelas 66kg)

Kemudian cabor senam diurutan ketiga  pendulang medali Riau dengan torehan 3  medali emas 3 perak dan  2  perunggu.Untuk medali emas dihasilkan, M Afrizal, Agung Suci Tantio Akbar, M try Syahputra, dan Ibra Elbani (beregu), M Tri Syahputra (All Round) dan M Tri Syahputra (Palang Tunggal).Kemudian medali perak dari M. Tri Syahputra ( serba bisa), M Afrizal (Ring), dan Agung Suci Tantio Akbar (Palang Sejajar).Sementara medali perunggu diraih, Puja Sri Syahfitri, Gariella Meta Winarto, Maharani Tsani Budianto, serta Ratisa Angina Putri.(beregu pi), dan M Tri Syahputra (Kuda Pelana)

Kemudian urutan keempat adalah cabor Dayung , via kontribusi  3 medali emas dan dua perak. Dimana medali emas dipersembahkan Maizir Ryondra dinomor K1000M dan Nomor  K200M  (Maizir Ryondra) serta Nofriadi (Canoe Slalom).Sementara dua medali perak disabet Raudani Fitra dari nomor K500Pi dan K200Pi.

Diperingkat kelima  cabor renang dengan   2  medali emas 2  perak dan 1 perunggu.Dan cabor yang dikomandoi Zulkifli Indra ini masih berpeluang meraih medali.Dua emas Riau dicabor ini dihasilkan dari Az-Zahra Permata Hani (400m gaya ganti putri) dan Ananda Triciel Vanesae Evato (100m Gaya Dada Putri).Sementara medali perak disabet Az-Zahra Permata Hani (200m gaya punggung putri) dan Ananda Triciel Vanesae Evato (200m gaya dada putri) dan perunggu dari Ananda Triciel Vanesae Evato (400m gaya ganti putri ) 

Disusul panahan diperingkat keenam Panahan dengan mengondol satu emas dan satu perunggu. medali itu dihasilkan Yogi Pratama medali emas dari nomor Coumpond Putra dan sekeping perunggu dari .M. Ihksan, Fadil dan M Ahdi dinomor Beregu Nasional Putra Jarak 40m.

Lalu Kempo dengan satu emas satu perunggu, via Maulana Mursyid di Randori kelas 65kg dan 
Perunggu Noor Lolita Mayasari (Randori kelas 53 kg Putri).

Disusul cabor tinju dengan satu medali emas via Ingatan Ilahi dari kelas 52 kg dan perunggu dari Robi Riyanto kelas 

Peringkat kesembilan  peraih medali Riau adalah  cabor Angkat Besi lewat  Maharani (Kelas 87 kg Putri) dan peringkat ke 10 adalah cabor atletik yang mengumpulkan tiga medali perak melalui Hirzan Ramdoni ( 110M Gawang), Indah Pratiwi (Lempar Martil putri) dan Deni Putra Yohanes.

Cabor taekwondo yang sudah selesai dipertandingkan sejak 5 Oktober lalu diperingkat 11 penyumbang medali, dengan satu perak dua perunggu.Yakni via Bella Oktafianti (kelas over 73 kg) dan Galuh Kogas (kelas over87 kg), serta Hanifah Safitri (under 53 kg)

Peringkat ke 10 ada Muathay dengan satu perak satu perunggu, yang Oqta Messi Simorangkir ( kelas 43kg pi) dan Zurian Maulana Adha (48kg Putra), Aeromodelling satu perak Vai Gina Octarius (nomor F1A ).

Selanjutnya yang memberikan kontribusi medali adalah Wushu dengan dua perunggu melalui Fernando Sitompul (48 kg) dan Wira Swandi Gea (70 kg). 


Cabor layar yang meraih medali perunggu dari .Muhammad Selamat (nomor Laser 4.7 putra ) menjadi peringkat ke 11 cabor medali Riau.

Sementara urutan ke 12 sampai dengan 20 yang mengoleksi masing-masing satu medali perunggu adalah,  cabor sepatu roda melalui  nomor ITT 300M Putra  atasnama Tengku Anggito Wicaksono), kemudian Totok Trimartanto ( Individual 25 M Rapid Fire Pistol Putra) dari cabor menembak.Sepaktakraw dari nomor Qudrant Putra, selanjutnya Catur dari nomor  Beregu Catur Cepat Putra dan cabor Biliar  dari  M Faisal (Nomor English biliar)

Sementara cabang olahraga basket 3 on 3 saat ini Riau sudah melaju ke perempatfinal dan berpotensi lolos ke babak semifinal .

Kontingen Riau, Kamis 14 Oktober 2021 masih berpeluang menambah pundi -pundi medali dari cabor angkat berat kelas 84+, cabor renang nomor  200 m Gaya Kupu- kupu Pi dan 50 m Gaya Dada Pi, cabor ateltik, nomor  Lompat Tinggi Putra - M. Hariadi Hidayat
16.00 WIT - 3.000 M Halang Rintang Putra - Elisar Gamasi, lalu Basket  3x3,.Riau kontra Jawa Tengah dibabak perempat Final)

Sementara delapan cabor sudah dipastikan tidak mendapatkan sekeping pun medali alias pulang dwngan tangan hampa.

Kedelapan cabor itu panjat tebing, bulutangkis, pencak Silat, judo, bermotor, tarung derajat dan binaraga .



Baca Juga Topik #Sport+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+