Cegah Stunting! Mahasiswa Kukerta Unri Sosialisasikan Pencegahan Stunting di Desa Saik

Cegah Stunting! Mahasiswa Kukerta  Unri  Sosialisasikan Pencegahan Stunting di  Desa Saik
Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Riau di Desa Saik

Kuantan Singingi, celotehriau.com- 
Mahasiswa kukerta (kuliah kerja nyata) Unri  (Universitas Riau) Tahun 2022/2023 melaksanakan program kerja unggulan berupa Sosialisasi dengan Tema “Menuju Generasi Bebas Stunting” di Desa Saik Kecamatan Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi.

Desa Saik merupakan salah satu Desa di Kecamatan Kuantan Mudik dengan  total jumlah penduduk pada tahun 2021 mencapai 1.053 jiwa. Semakin besarnya jumlah penduduk, semakin besar pula angka kelahiran yang ada.Dengan besarnya angka kelahiran ini diharapkan para ibu  mengetahui tentang bahayanya dan pencegahan stunting pada usia anak-anak.

Melalui program kukerta 2022 ini, mahasiswa memberikan sosialisasi mengenai stunting dalam rangka Menuju Generasi Bebas Stunting yang dilaksanakan di Paud Desa Saik. 

Program ini dihadiri oleh ibu hamil dan ibu-ibu yang memiliki balita sehingga tepat sasaran. Selain melakukan sosialisasi, Mahasiswa kukerta juga memberikan PMT (Pemberian Makanan Tambahan) berupa Nogosari yang memiliki gizi dan nutrisi penting bagi tumbuh kembang anak.

Sosialisasi ini dilakukan karena terdapat anak yang mengidap stunting di Desa Saik. Perlu diketahui bahwasannya stunting merupakan kondisi gagal tumbuh pada anak usia balita akibat dari kekurangan gizi kronis sehingga anak terlalu pendek untuk usianya, hal ini biasanya baru terlihat setelah anak berusia dua tahun," kata Adifa Dinata salahsatu mahasiswa kukerta Unri.
 
Ia berharap dengan adanya program kerja tentang pencegahan stunting dari kukerta Unri  ini, masyarakat Desa Saik dapat lebih memperhatikan pola asuh dan asupan gizi terhadap anaknya dari yang masih di dalam kandungan sampai usia balita.

"Kami berharap dengan diadakannya sosialisasi ini tidak bertambah lagi  anak Stunting di Desa Saik," jelasnya.

Dalam kesempatan itu Ria salahsatu warga yang menghadiri sosialisasi tersebut mengucapkan terimakasih kepada mahasiswa kukerta Unri.

"Kami sangat berterimakasih dengan adanya sosialisasi ini sehingga sedikitnya kami mengetahui apa itu stunting dan bagaimana melakukan pencegahannya,"pungkasnya

Berita Lainnya

Index