Hadiri Silaturahmi Nasional APIK PTMA 2022 di Sidoarjo, Ini Harapan Kaprodi UMRI

Rabu, 21 Desember 2022 - 10:40:33 WIB Cetak

SIDOARJO - Gelaran Silaturahmi Asosiasi Prodi Ilmu Komunikasi Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiah (APIK-PTMA) Tahun 2022 diadakan di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, pada Selasa hingga Rabu (19-20 Desember 2022) berjalan dengan sukses.

Dalam kegiatan silaturahmi tersebut, turut dihadiri para Dekan, Wakil Dekan, Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi di lingkungan Universitas Muhammadiyah di Indonesia. Seperti Universitas Muhammadiyah Riau, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Universitas Muhammadiyah Tangerang dan lainnya.

Kegiatan silaturahmi ini juga diisi dengan acara Seminar Nasional serta workshop pengembangan Program Studi. Pada acara ini juga dilakukan penandatanganan MoA antara program-program studi yang hadir untuk meningkatkan kualitas kegiatan tri dharma serta pelaksanaan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka antar perguruan tinggi yang ada. 
 

Istiqomah M.Medkom. selaku Ketua Pelaksana menyampaikan bahwa gelaran ini merupakan wadah nasional untuk menyambung silaturahmi antar Prodi Ilmu Komunikasi PTMA. 

“Silat APIK itu forum buat kita ketemu. Dari mahasiswa terus dosennya juga, jadi untuk semuanya itu wadahnya di Silat APIK,” terang Istiqomah.

Dalam gelaran ini terdapat rangkaian acara berupa seminar nasional, workshop internasional, serta kompetisi mahasiswa yang terdiri dari lima bidang. Bidang-bidang tersebut yakni digital journalism, news anchor, public relations, fotografi dan TikTok.

“Jadi karena kita sudah kangen kumpul dan lain sebagainya, akhirnya kita membuat semacam workshop untuk dosen dan mahasiswa juga,” ujar Istiqomah.

Selain wadah silaturahmi, gelaran ini juga menjadi ajang kajian dengan mengusung tema "tantangan komunikasi digital di era new normal". Tema tersebut disesuaikan dengan kondisi saat ini, di mana terdapat tantangan baru bagi ilmu komunikasi pasca pandemi Covid-19. “Tema globalnya disesuaikan. Karena dampak dari pandemi, kemudian disesuaikan,” terang Istiqomah.

Dalam kesempatan tersebut Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Riau melalui Ketua Program Studinya Fitria Mayasari, M.A melakukan konsolidasi dan penandatanganan MoA bersama para Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi yang hadir, seperti Universitas Muhammadiyah Jakarta, Universitas Muhammadiyah Tangerang, Universitas Muhammadiyah Bengkulu dan lainnya.

Fitria Mayasari berharap penandatanganan MoA ini dapat menjadi awal bagi terlaksananya kegiatan tri dharma serta aplikasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, seperti pertukaran mahasiswa, kuliah tamu, kegiatan penelitian dan pengabdian.

“Dalam waktu dekat, implementasi MoA bersama prodi-prodi tersebut akan dilaksanakan, dimulai dengan kegiatan kuliah tamu secara online maupun offline,” ungkapnya.



Tulis Komentar +
Berita Terkait+