Warga Senapelan Curhat ke Kapolres Jefri Ronald

Warga Senapelan Curhat ke Kapolres Jefri Ronald

PEKANBARU - Polresta Pekanbaru menggelar kegiatan Jumat Curhat bersama warga Kecamatan Senapelan, Pekanbaru di halaman Rumah Singgah Tuan Kadi Jalan Perdagangan, Kampung Bandar.

Dalam acara tersebut, Kapolresta Pekanbaru, Kombes Pol Jefri Ronald Parulian Siagian dan PJU hadir bersama Dandim 0301/Pekanbaru, Letkol Kav. Yuli Eko Yulianto dan jajaran.

Kombes Jefri memperkenalkan diri ke masyarakat sebagai pejabat Kapolresta yang baru. Kemudian mengatakan kegiatan Jumat Curhat yang dilaksanakan dalam rangka menjemput laporan dari masyarakat terkait Kamtibmas lingkungannya.

"Tentunya, sebagai pejabat Kapolresta Pekanbaru yang baru, saya akan rajin turun ke tengah masyarakat untuk mengetahui dan menjemput laporan apa saja yang menjadi keluhan dari masyarakat terkait Kamtibmas. Kampung Bandar, Senapelan ini menjadi Kampung pertama yang kami kunjungi sebagai Kapolresta yang baru dalam program Jumat Curhat," katanya.

Kemudian, Dandim 0301/Pekanbaru, Letkol Eko menyampaikan beberapa hal terkait pentingnya menjaga keharmonisan masyarakat dalam menjaga Kamtibmas. Dimana, masyarakat Indonesia akan menghadapi tahun politik.

Letkol Eko mengatakan masyarakat harus pintar menyaring atau memfilter informasi di media sosial, terutama terkait berita bohong yang disebarkan di media sosial dari sumber yang tidak dapat dipercaya dan belum dicek kebenaran informasi itu. Diminta, masyarakat untuk tidak share berita yang belum tentu kebenarannya.

"Karena, dalam tahun politik akan ada sekelompok orang menjatuhkan lawan politiknya dengan cara-cara yang tidak baik dengan mengeshare berita-berita bohong atau berita-berita lama untuk mengambil keuntungan politik kelompoknya," ujarnya.

"Selain itu, kehadiran TNI Polri di masyarakat saat ini merupakan wujud kehadiran kami di masyarakat dalam menjemput segala aspirasi dengan mengedepankan kepentingan masyarakat, sehingga kami bisa berbenah diri," sambungnya.

Kemudian acara dilanjutkan dengan berdialog dan mendengar keluhan masyarakat. Disana, masyarakat melaporkan terkait maraknya peredaran Narkoba, aksi nongkrong-nongkrong dan balap liar di Jembatan Siak serta seputar informasi politik masyarakat.

Asriweni warga Kampung Bandar mengungkapkan keresahan terhadap lingkungannya yang diduga banyak pengguna Narkoba.

"Kami khawatir anak kami yang masih sekolah terbawa arus lingkungan yang dapat menghancurkan masa depannya Pak," ungkapnya.

Selanjutnya, setelah mendengar beberapa keluhan warga, Kombes Jefri menjawab beberapa hal yang menjadi keresahan masyarakat dengan memberikan beberapa solusi dan tanggapan.

"Narkoba adalah musuh kita bersama, dan ini juga menjadi tanggung jawab kita bersama, agar generasi muda kita menjadi generasi penerus bangsa yang baik dan berkualitas. Kami, Polresta Pekanbaru dan jajaran akan berusaha setiap hari untuk menangkap dan mengungkap kasus peredaran Narkoba," jelasnya.

Selanjutnya, Kombes Jefri menghimbau masyarakat untuk berperan aktif melaporkan peredaran Narkoba di lingkungan dengan berkoodinasi atau melaporkan kepada bhabinkamtibmas dan Babinsa yang bertugas dilingkungannya.

"Mereka ini hidup dan tinggal di sekeliling lingkungan masyarakat kita sendiri, jangan dibiarkan mereka leluasa merusak kampung kita, harus dilawan, laporkan ke pihak kepolisian Bhabinkamtibmas dan juga Babinsa, untuk ditindak lanjuti. Kemudian, masyarakat jangan terpancing kebaikan para pengedar narkoba, Karena itu sangat berbahaya untuk keamanan kampung kita, Kami tidak akan biarkan, pasti akan kami berantas peredaran Narkoba," tegasnya.

Selain itu, menghadapi tahun politik, Kombes Jefri mengatakan akan segera memerintahkan personel nya untuk berpatroli dan membubarkan aksi balap liar
Terkait aksi balap liar dan .

"Persoalan balap liar akan menjadi atensi Polresta Pekanbaru, Polresta akan berpatroli di titik rawan balap liar. Sementara itu untuk isu politik, diminta masyarakat untuk tidak terpancing dengan isu-isu hoax politik dan isu - isu yang dapat memecah persatuan bangsa, masyarakat diminta menyaring informasi sebelum menyebarkan," katanya.

Selanjutnya, Kapolresta Pekanbaru, Kombes Jefri memberikan puluhan paket bantuan tali asih kepada masyarakat yang hadir di acara tersebut.

Berita Lainnya

Index