PPDB SD dan SMP di Pekanbaru Digelar Akhir Juni

PPDB SD dan SMP di Pekanbaru Digelar Akhir Juni

PEKANBARU - Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru Abdul Jamal mengatakan rangkaian Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SD dan SMP negeri tahun 2023 di Kota Pekanbaru akan digelar akhir Juni 2023.

"Jadwal PPDB SD dan SMP sama, digelar secara serentak. Kalau di jadwal kita akhir Juni ini," ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Abdul Jamal.

Ia mengatakan PPDB untuk SMP negeri bakal berlangsung secara online sehingga jumlah kuota PPDB dikoordinasikan dengan Kemendikbud Ristek. Ia menjelaskan bahwa kuota PPDB pada tahun ini tidak bakal berkurang, malah bertambah dibanding tahun 2022 lalu.

Dirinya menjelaskan bahwa calon peserta didik sebelum mendaftar bisa mengunduh lebih dahulu laman PPDB di rumah. Proses verifikasinya dilakukan oleh petugas PPDB di sekolah.

Ada alternatif sekolah terdekat dari rumah sehingga bisa dipilih oleh para calon peserta didik. Para calon peserta didik bisa memilih dua dari lima sekolah pilihan yang masuk dalam zonasi.

"Kita beri pilihan lima, nantinya calon peserta bisa pilih dua dari alternatif pilihan yang ada," cakapnya.

Selanjutnya untuk PPDB SD negeri tidak berlangsung secara online. Satu syarat utama yakni sudah berusia tujuh tahun.

Dirinya menjelaskan bahwa umur para calon peserta didik jadi satu penentu diterima di sekolah pilihannya. Mereka tentu bisa memilih sekolah sesuai zonasi yang ada. 

"Kalau usia tujuh tahun diterima namun tergantung zonasi juga," ungkapnya.

Sebagai informasi, ada 177 SD negeri yang bisa menjadi pilihan para calon peserta didik pada PPDB kali ini. Sedangkan SMP negeri ada 49 yang bisa menjadi pilihan di Kota Pekanbaru.

Berita Lainnya

Index