Jangan Khawatir Tergeser, Perpanjangan PPDB di Riau hanya untuk Pemilihan Sekolah

Jangan Khawatir Tergeser, Perpanjangan PPDB di Riau hanya untuk Pemilihan Sekolah

PEKANBARU - Calon peserta didik maupun orang tua, wali murid tak perlu panik terkait adanya kebijakan perpanjangan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA/SMK di Riau.

Pasalnya, masa perpanjangan tersebut bukan untuk pendaftaran atau upload dokumen, namun hanya dikhususkan bagi pemilihan sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Riau, Kamsol melalui Ketua Panitia PPDB SMA/SMK, Pahmijan mengatakan, sesuai jadwal sebelumnya pelaksanaan pendaftaran dan pemilihan sekolah dimulai pada 29 Mei sampai 12 Juni. Namun, khusus untuk tahapan pemilihan sekolah, diperpanjang hingga 26 Juni mendatang.

"Jadi yang diperpanjang itu hanya waktu pemilihan sekolah, kalau untuk pendaftaran ditutup tanggal 12 Juni. Karena itu, calon siswa dan orangtuanya tidak usah panik anaknya yang sudah terdaftar akan tergeser," kata Pahmijan.

Lebih lanjut Pahmijan mengatakan, dengan pendaftaran yang ditutup pada 12 Juni tersebut, maka bagi calon siswa yang sudah berada pada rangking penerimaan siswa di sekolah tujuan, nyaris tidak bisa tergeser lagi. Karena tidak ada lagi pendaftar yang diterima.

"Namun bagi yang tidak diterima di sekolah, seperti untuk penerimaan dari sistem zonasi atau prestasi, kesempatan perpanjangan waktu pemilihan sekolah ini dapat digunakan untuk memilih sekolah lain. Karena di sekolah lain ada yang masih kosong," jelasnya.

Pahmijan menjelaskan, untuk tahapan PPDB lainnya tetap sesuai jadwal semula, yakni setelah tahap pendaftaran dan pemilihan sekolah selesai, maka tahap selanjutnya adalah verifikasi yang dilakukan oleh satuan pendidikan yang yang akan berlangsung hingga 26 Juni 2023.

Setelah tahap verifikasi selesai, dilanjutkan dengan tahapan seleksi sesuai jalur pendaftaran yang akan dimulai pada tanggal 27 hingga 30 Juni 2023. Sementara untuk pengumuman penetapan peserta didik baru akan diumumkan pada 1 Juli 2023. Bagi yang lulus bisa langsung daftar ulang mulai tanggal 2 hingga 5 Juli 2023.

"Sedangkan untuk hari pertama masuk sekolah tahun ajaran baru 2023/2024, kita jadwalkan mulai masuk tanggal 13 Juli 2023," pungkasnya.

Berita Lainnya

Index