PPDB 2023, Muflihun Ingatkan Orang Tua Jangan Terfokus Sekolah di Tengah Kota

PPDB 2023, Muflihun Ingatkan Orang Tua Jangan Terfokus Sekolah di Tengah Kota
Muflihun.

PEKANBARU  - Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun mengingatkan orang tua dan calon siswa untuk tidak hanya terfokus pada sekolah yang ada di tengah Kota Pekanbaru dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ini.

"Melalui camat lurah kemudian juga Dinas Pendidikan (Disdik) kita minta untuk menyarankan kepada orang tua maupun siswa untuk jangan terfokus pada sekolah yang berada di tengah kota, karena memang tak adalagi yang namanya sekolah unggulan, sama semua sekolah," ujar Muflihun, Kamis (15/6/2023).

Ia mengatakan jangan lagi orang Panam berusaha untuk sekolah ke SMP 1, mungkin bisa diambil SMP yang sekitaran Panam.

"Mereka bisa mendaftar di sekolah yang berada di lingkungan tempat tinggal masing-masing," cakapnya.

Menurutnya, dalam bidang pendidikan ini semua orang tua ingin menempatkan anaknya di sekolah yang terbaik. Namun, karena kondisi sekolah negeri yang masih kurang maka diharapkan bisa menyikapi ini dengan bijak.

Dirinya tidak menampik jika terkait PPDB sekolah negeri ini bakal ada timbul masalah. Hal ini mengingat jumlah sekolah yang terbatas dan minat masyarakat tinggi untuk menyekolahkan anak mereka di sekolah negeri.

"Saya tidak berani garansi PPDB ini tidak ada masalah. Ya namanya semua manusia ingin anaknya sekolah. Jadi kita cuma bisa menyarankan jangan hanya terfokus ke sekolah yang berada di tengah Kota Pekanbaru saja," cakap Muflihun.

Muflihun menyebut, kedepan pemerintah kota bersepakat dengan DPRD untuk pemerataan sekolah.

Secara bertahap akan dibangun sekolah negeri yang diprioritaskan di wilayah atau lingkungan masyarakat yang masih kurang sekolah. Untuk tahun ini Pemko Pekanbaru baru mampu membangun dua SMP negeri.

"Program kedepan dengan pimpinan DPRD, kita sudah sepakat untuk meratakan pembangunan sekolah. Ya walaupun hanya bisa satu atau dua tapi kita prioritaskan ke daerah yang kurang sekolahnya," jelasnya.

"Pemerintah kota berupaya memenuhi kebutuhan pendidikan dengan menambah sekolah negeri baru," imbuhnya.


 

Berita Lainnya

Index