Pengumuman Kelulusan SMA dan SMK di Riau Ditetapkan Dalam Rapat MKKS, Diperkirakan Pekan Kedua Mei

Pengumuman Kelulusan SMA dan SMK di Riau Ditetapkan Dalam Rapat MKKS, Diperkirakan Pekan Kedua Mei

PEKANBARU, CELOTEHRIAU.COM - Pengumuman kelulusan SMA dan SMK sederajat di Provinsi Riau dijadwalkan akan dilakukan pada pekan kedua Mei mendatang.

Namun untuk kepastian tanggalnya Dinas Pendidikan Provinsi Riau akan memutuskannya melalui rapat bersama Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA/SMK se-Riau.

"Kita akan mengundang cabang dinas dan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA/SMK se-Riau untuk membahas penentuan pengumuman hasil UN secara serentak. Nanti tanggal 7 Mei kita undang dulu cabang dinas dan MKKS se-Riau menentukan tanggal pengumuman hasil UN, apakah itu tanggal 8 atau 9 Mei tergantung hasil kesepakatan," kata Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Ahyu Suhendra, Selasa (30/4/2019).

Namun sebelum rapat bersama tersebut digelar, Disdik Riau akan menjemput berkas hasil kelulusan Ujian Nasional (UN) tingkat SMA/SMK dan SLB se-Riau tahun 2019 di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI. Dijadwalkan Dinas Pendidikan Riau akan ke Jakarta untuk menjemput berkas tersebut pada tanggal 3 hingga 4 Mei mendatang.

"Insya Allah Jumat besok Kepala Dinas Pendidikan Riau diundang Kemendikbud di Jakarta untuk mengambil hasil UN SMA/SMK sederajat," kata Ahyu.

Meski belum mendapatkan kepastian tanggal berapa akan diumumkan, namun pihaknya memastikan pengumuman kelulusan untuk siswa SMA dan SMK di Riau tidak akan jauh berbeda dengan arahan dari Kemendikbud. Dimana sesuai arahan dari Kemendikbud memberi waktu tangga 6 sampai 9 Mei untuk daerah dalam mengumumkan hasil kelulusan ujian nasionalnya.

"Waktu yang diberikan itu nanti kita siapkan untuk mencetak dan mengumunkan hasil UN," katanya. Seperti diketahui, sebanyak 28.826 siswa SMK sederajat di Riau sudah mengikuti UN yang berakhir Kamis (28/3/2019) lalu.

Dengan jumlah sekolah sebanyak 118 SMK negeri dan 163 SMK swasta. Sedangkan untuk SMA sederajat se Provinsi Riau, jumlah siswa yang mengikuti UN sebanyak 60.324 siswa yang tersebar di 438 sekolah di Riau. Mulai dari SMA negeri, swasta serta Sekolah Luar Biasa (SLB). (Cl4)

Berita Lainnya

Index