Gubernur Syamsuar Resmikan SMK Negeri 5 Mandau

Gubernur Syamsuar Resmikan SMK Negeri 5 Mandau

BENGKALIS - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar resmikan SMK Negeri 5 Mandau di Kabupaten Bengkalis. Ia berharap SMK bisa mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan siap bersaing didunia kerja. 

Menurutnya, peluang SMK-SMK yang ada di Kabupaten Bengkalis untuk dunia kerja sangat banyak, apalagi disana ada perusahaan Pertamina Hulu Rokan (PHR) yang pasti memerlukan tenaga kerja. Untuk itu, Syamsuar berharap SMK Negeri 5 Mandau menyediakan jurusan industri agar bisa fokus dalam mempelajari dunia industri yang banyak dibutuhkan ketika bekerja. 

"Saya berharap kiranya SMK-SMK disini (Bengkalis) mempersiapkan SDM yang berkualitas, dan kedepannya SDM ini juga bisa bekerja diwilayah-wilayah pertambangan di Kabupaten Bengkalis ataupun seluruh wilayah Riau," jelas Gubernur Syamsuar usai meresmikan SMK Negeri 5 Mandau di Bengkalis, Sabtu (15/7/2023). 

Tidak hanya itu, Gubernur Syamsuar juga menyampaikan bahwa SMK Negeri 5 Mandau ataupun SMK lainnya yang ada di Bengkalis agar menerapkan pendidikan vokasi. Apalagi telah ditetapkan Perpres Nomor 68 Tahun 2022 Revitalisasi Pendidikan Vokasi dan Pelatihan Vokasi, yang bertujuan untuk menyiapkan SDM kompeten, produktif, dan berdaya saing. Bahkan, Gubri juga telah menetapkan Pergub Nomor 6 Tahun 2022 tentang Penguatan Pendidikan dan Pelatihan Vokasi Melalui Kemitraab dengan Industri. 

"Vokasi ini tujuannya agar dunia indistri membantu SMK dan mempersiapkan tenaga kerja yang bisa bekerja di perusahaan. Perpres ini wajib," imbuhnya. 

Melalui pendidikan vokasi, kata Gubri, bisa menjadi solusi untuk penciptaan sumber daya manusia yang berkopentensi, berdaya saing, dan siap bekerja profesional. 

Sementara itu, Plt. Kepala Sekolah SMK Negeri 5 Mandau, Dodi Safrinal merasa bahagia dan senang karena peresmian sekolahnya dihadiri oleh Gubernur Syamsuar. Ia berharap SMK Negeri 5 Mandau bisa maju dan berkembang seperti sekolah-sekolah unggul lainnya. 

"Kami sangat senang karena peresmian dihadiri oleh pak gubernur dan beliau disambut oleh warga sekolah dan masyarakat. Tahun ajaran ini baru 50 murid yang ada di sini dengan empat jurusan, yakni jurusan TKJ, PKR, Akutansi, dan Perkantoran," jelas Dodi. 

Kepala Desa Bathin Betuah Kabupaten Bengkalis, Prayetno juga mengucapkan rasa bangga dan terimakasih kepada Gubernur Syamsuar yang telah mengamanahkan SMK yang dulunya bernama SMK Melayu sekarang menjadi SMK Negeri 5 Mandau. 

"Dengan adanya SMK Negeri 5 Mandau ini mempermudah anak-anak kami untuk bersekolah. SMK Negeri 5 Mandau ini sebelumnya SMK Melayu dari yayasan, dan sekarang sudah peralihan tepatnya pada tanggal 19 Juni 2023 lalu yang ditandatangani oleh bapak Gubernur Syamsuar, " pungkas Prayetno. 

Berita Lainnya

Index