Diumumkan Prabowo, KKIR Berubah jadi Koalisi Indonesia Maju

Diumumkan Prabowo, KKIR Berubah jadi Koalisi Indonesia Maju
Bakal calon presiden Prabowo Subianto saat mengumumkan nama baru koalisi partai politik pendukungnya/RMOL

CELOTEHRIAU - Nama koalisi pendukung Prabowo Subianto berubah. Dari yang semula bernama Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) kini menjadi Koalisi Indonesia Maju.

Perubahan itu diumumkan langsung oleh Prabowo saat HUT ke-25 PAN yang dihadiri Ketum Golkar, Airlangga Hartarto; Ketum PAN, Zulkifli Hasan; Ketum PKB, Muhaimin Iskandar; dan Ketum PBB, Yusril Ihza Mahendra.

"Kita sepakat koalisi kita beri nama Koalisi Indonesia Maju," kata Prabowo dalam sambutannya, Senin (28/8/2023).

Bakal calon presiden dari Partai Gerindra ini mengatakan, nama baru koalisi itu ditetapkan usai berembuk dengan empat ketum partai politik yang mendukungnya menjadi calon presiden.

Prabowo menambahkan, keputusan nama baru itu tercetus cepat. Karena keempat parpol klaim mendukung pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Bersama tim kita tadi berembuk. Walaupun sebentar, iya Pak Zul (Zulkifli Hasan), Pak Airlangga, Gus (Imin) sama profesor (Yusril)," tutupnya.

Tanggapan PKB

Nama Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) berubah menjadi Koalisi Indonesia Maju (KIM). Nama tersebut lantas menuai pertanyaan dari publik, bahwa nama koalisi dukungan terhadap Prabowo ini merupakan pemberian dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pasalnya, nama tersebut identik dengan kabinet pemerintahan Presiden Joko Widodo yang juga diberi nama Indonesia Maju. Menyikapi hal tersebut, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin tidak mengiyakan juga tidak menolak pernyataan tersebut.

"Ya begitu kira-kira," kata Cak Imin di selasar Golden Ballroom, Hotel Sultan, Senin (28/8).

Disinggung mengenai PKB tidak diajak membahas nama baru koalisi itu, Cak Imin menegaskan bahwa baru tadi diberitahu Prabowo Subianto.

"Ya saya baru dikasih tau tadi sama Pak Prabowo bahwa koalisinya tadi Koalisi Indonesia Maju," ujarnya.

Dengan adanya perubahan nama koalisi itu, kata Cak Imin, pihaknya akan membahasnya dengan seluruh kader PKB.

"Tentu saya akan lapor ke partai bahwa perkembangannya sudah berubah. Berarti KKIR dibubarkan dong. Nah saya gak tau, saya akan melapor ke partai dulu," pungkasnya.

Berita Lainnya

Index