Tinggalkan Aston Villa, Philippe Coutinho Gabung Klub Qatar

Tinggalkan Aston Villa, Philippe Coutinho Gabung Klub Qatar
Philippe Coutinho. (AFP/Lindsey Parnaby)

CELOTEHRIAU  - Bintang Aston Villa asal Brasil, Philippe Coutinho meninggalkan Liga Inggris di musim 2023/2024. Ia memilih bergabung ke klub Qatar, Al-Duhail dengan status pinjaman.

Kiprah Philippe Coutinho bersama Aston Villa kurang bersinar. Gelandang asal Brazil berusia 31 tahun hanya tampil dua kali sebagai pemain pengganti untuk Villa musim ini.

Coutinho juga hanya mencetak satu gol dalam 22 pertandingan di musim 2022/2023. Sementara kontraknya bersama The Villans akan habis pada Juni 2026.

Philippe Coutinho menyelesaikan kepindahan permanen ke Villa dari Barcelona pada Juli 2022, enam bulan setelah awalnya dipinjamkan.

Gaji Ditanggung Penuh

Pakar transfer Fabrizio Romano memberikan informasi mengenai kepindahan Coutinho ke Liga Qatar. Ia menjadi pemain pinjaman Al-Duhail dengan menanggung gaji sang pemain secara penuh.

Sebab Al-Duhail sempat mendapat saingan dari klub lain yang mau menampung mantan pemain Inter Milan dan Liverpool itu.

“Pendekatan Besiktas dan Real Betis keduanya ditolak karena dia ingin pindah ke Qatar. Gajinya ditanggung 100 persen,” tulis Romano di akun Instagramnya.

Pemain Termahal Barcelona

Perjalanan karier Coutinho penuh liku. Setelah sukses bersama Liverpool, ia digaet raksasa Spanyol, Barcelona dengan memecahkan rekor. Barca membelinya seharga 142 juta pounds.

Namun Coutinho menjalani masa empat tahun yang mengecewakan di Nou Camp yang dirusak oleh performa buruk dan cedera lutut serius.

Akhirnya Aston Vila menyelamatkan kariernya dengan meminjamnya sebelum dipermanen pada 2021/2022. Coutinho memberikan pengaruh instan selama masa pinjamannya, mencetak gol pada debutnya di Villa saat bermain imbang 2-2 melawan Manchester United dan mengakhiri musim dengan lima gol dan tiga assist.

Diganggu Cedera

Namun, karena berjuang dengan cedera yang mengganggu, performa pemain sayap itu menurun ketika Villa bekerja keras di bawah asuhan Gerrard awal musim lalu dan dia hanya tampil dua kali sebagai starter sejak manajer saat ini Unai Emery ditunjuk pada bulan Oktober.

Coutinho juga absen dalam seleksi Piala Dunia Qatar bersama Timnas Brasil setelah mengalami cedera paha dua minggu sebelum turnamen. Ia punya 68 caps bersama Selecao.

Berita Lainnya

Index