Polda Riau Gagalkan Penyelundupan 41 Kilogram Sisik Trenggiling Senilai Rp200 Juta

Polda Riau Gagalkan Penyelundupan 41 Kilogram Sisik Trenggiling Senilai Rp200 Juta

PEKANBARU - Polda Riau gagalkan penyelundupan perdagangan sisik trenggiling yang diketahui hewan itu merupakan satwa yang dilindungi.

Sisik hewan trenggiling yang berhasil disita oleh Tim Ditreskrimsus Polda Riau itu mencapai 41 kilogram. Seorang pelaku yang diketahui berinisial MS (54) turut diamankan.

Di pasaran Pekanbaru saat ini, untuk 1 kilogram sisik trenggiling bisa dijual dengan harga antara Rp3-5 juta. Maka bisa diprediksi, harga 41 Kg sisik satwa dilindungi itu dapat menghasilkan maksimal Rp200 juta lebih.

Pengungkapan tersebut dilakukan di Jalan Paus Ujung, tepatnya di Depan Riau Cipta Mekanik, Kelurahan Tangkerang Barat, Kecamatan Marpoyan Damai, Pekanbaru.

"Informasi tentang perniagaan bagian tubuh satwa dilindungi di Pekanbaru mencuat, yang kemudian menjadi dasar bagi tim untuk melakukan penyelidikan," kata Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Hery Murwono, Senin (25/9/2023).

Dijelaskan Hery, dimana petugas mencurigai satu unit mobil membawa sisik trenggiling, yang selanjutnya terbukti benar.

Pengecekan terhadap mobil yang dibawa oleh pelaku, berinisial MS (54), menghasilkan penemuan barang bukti sisik hewan trenggiling dalam kardus dan karung dengan total berat 41 kilogram.

"Barang tersebut berasal dari Padang Sidempuan, Sumatera Utara," sambung Kombes Hery.

Pengungkapan perdagangan bagian tubuh satwa dilindungi ini melibatkan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau dan aparat kepolisian.

MS, pelaku yang tertangkap, dijerat dengan pasal 40 ayat 2 Jo pasal 21 ayat 2 huruf a UU RI Nomor 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya. Pelaku dapat dikenai pidana penjara maksimal 5 tahun dan denda paling banyak Rp 100 juta.

"Pengungkapan sisik trenggiling seberat 41 kilogram ini merupakan hasil pengorbanan 40-50 ekor trenggiling. Di pasar Pekanbaru, 1 kilogram sisik trenggiling dijual dengan harga antara Rp3-5 juta," tutupnya.

Berita Lainnya

Index