DRAWING AULIA HOSPITAL LIGA 3 RIAU

PS Siak, Pekanbaru Wariors dan Pendalian FC Saling Jegal di Group A

PS Siak, Pekanbaru Wariors dan Pendalian FC Saling Jegal di Group A

PEKANBARU, celotehriau.com - Drawing Aulia Hospital Liga 3 Zona Riau, Sabtu sore (30/9/2023) di kantor Aspeov PSSI Riau, membuat group A sebagai group neraka. Disebut group neraka karena group ini dihuni tim-tim kuat.Group A sendiri di isi Pendalian FC sebagai tuan rumah, Nabil FC, Pekanbaru Warriors, Tornado FC, PS Siak dan Rumbai FC.

Pertandingan group A akan digelar di Stadion Sepadan, Rokan Hulu. Stadion ini merupakan markas Pendalian FC.Prestasi Pendalian di Liga 3 Zona Riau sejauh ini memang belum mentereng. Namun tim ini baru beberapa tahun terakhir ikut kompetisi resmi Asprov PSSI Riau. Prestasinya tertinggi di Liha 3 yakni babak 6 besar pada musim 2021.

Namun sebagai tim yang memiliki stadion yang bagus, skuad Pendalian FC harus diwaspadai. Apalagi bertindak sebagai tuan rumah.

Pekanbaru Warriors juga bisa disebut tim baru. Tim asal Pekanbaru ini baru sekitar 3 tahun ini ikut kompetisi Liga 3 Asprov PSSI Riau.Walau belum ada prestasi, Pekanbaru Warriors harus diwaspadai. Timnya musim ini memang tidak sementereng musim lalu dimana banyak dihuni pemain eks Liga 2. Namun musim ini, skuadnya tidak kalah bagus.

PS Siak merupakan juara Liga 3 musim 2021 lalu. Mewakili Riau di putaran nasional dan sedangkan lagi promosi ke Liga 2, sayang PS Siak terhenti di babak 16 besar.

Tornado FC sendiri finalis Liga 3 musim 2021. Mewakili Riau diputaran nasional sayang langkahnya terhenti lebih cepat dari PS Siak kala itu.Nabil FC sendiri merupakan tim juara Liga 3 musim 2014 lalu. Tim asal Pelalawan selalu eksis dalam kompetisi dibawah asprov PSSI Riau.Rumbai FC bisa disebut tim semenjana di group A ini. Musim lalu saja, tim ini jadi lumbung gol lawan-lawan.

Uraian diatas menjadi alasan Group A disebut sebagai group neraka. Tim-tim kuat akan saling bunuh untuk memperebutkan 2 tiket ke babak semifinal.

Perwakilan seluruh tim peserta, yakni 12 tim hadir. Ketua Asprov PSSI Riau, Edward Riansyah memimpin langsung bersama ketua panitia Andi Oh.

Drawing sendiri berjalan dimana setiap perwakilan klub mencabut undian. Kecuali tim tuan rumah disetiap group tidak ikut ambil undian."Alhamdulillah drawing berjalan lancar. Ini sebagai bentuk transparan kita kepada peserta. Terbuka dan fairplay," kata Edward Riansyah.

Ia pun berharap kompetisi Liga 3 musim 2023/2024 ini bisa berjalan lebih baik dan lebih kompetitif. Sehingga tim Riau yang lolos putaran nasional, bisa promosi ke Liga 2 musim depan.

Group B memang tidak diisi tim-tim kuat. Pertandingan group B akan dilaksanakan di Stadion Tumpal Sinaga, markas KS Tiga Naga di Pekanbaru.

Selain KS Tiga Naga yang bertindak sebagai tuan rumah, tim lainnya di group ini yakni Riau United, Persemai, Gempuri, Wahana dan Persikalis.

KS Tiga Naga sendiri merupakan tim eks Liga 2. Ia terdegradasi pada musim 2021 lalu.Salah satu tim kuat di group B ini yakni Wahana FC. Tim ini memiliki lapangan latihan sendiri. Musim ini, Wahana juga banyak merekrut eks Liga 2.Gempuri sendiri beberapa kali memang ikut Liga 3. Namun prestasinya belum ada.

Tiga tim lainnya yakni Riau United, Persemai Dumai dan Persikalis Bengkalis merupakan tim baru.Persemai Dumai dan Persikalis Bengkalis memang tim lama. Namun dua tim ini sudah lama absen di kompetisi Riau bahkan Persikalis sempat dicoret dari keanggotaan karena sempat tidak aktif.

Yang perlu diwaspadai memang Riau United. Walau klub ini baru terbentuk, namun persiapan tim menatap Liga 3 ini sudah lama.Laga perdana Aulia Hospital Liga 3 Zona Riau akan mempertemukan Riau United vs KS Tiga Naga pada 14 Oktober nanti. Pertandingan akan digelar di Stadion Tumpal Sinaga, markas KS Tiga Naga.

Riau United bertindak sebagai tuan rumah walau pertandingan digelar di markas KS Tiga Naga. Keduanya berada di group B.Pertandingan perdana group A sendiri digelar 14 Oktober namun lebih lama dari group B. Pertandingan perdana group A mempertemukan PS Siak vs Pendalian FC.

Dari babak penyisihan group, dua tim teratas dari dua group, lolos ke semifinal. Di babak semifinal, tidak ada lagi tuan rumah dari tim peserta. Pelaksanaan diambil alih Asprov PSSI Riau.

Setelah penysihan group putaran pertama, Liga 3 akan istirahat sebentar sebab Riau akan menggelar Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) 2023 yang merupakan babak kualifikasi PON. Cabor sepakbola dipertandingkan di Porwil.Putaran kedua penyisihan group kembali digelar di pertengahan November. (*)

 

Berita Lainnya

Index