Liverpool Menangkan Derby Merseyside, Salah Cetak 2 Gol

Liverpool Menangkan Derby Merseyside, Salah Cetak 2 Gol

CELOTEHRIAU - Liverpool memetik kemenangan 2-0 atas Everton dalam lanjutan Liga Inggris, Sabtu (21/10/2023) di Stadion Anfield. Dua gol The Reds diborong Mohamed Salah.

Kemenangan dalam pertandingan derbi Merseyside ini membuat Liverpool bertengger di puncak klasemen Liga Inggris dengan raihan 20 poin dari sembilan pertandingan. Nilai mereka sama dengan penghuni urutan kedua dan ketiga, Tottenham Hotspur dan Arsenal, tetapi unggul selisih gol.

Sementara Everton berada di posisi ke-16 dengan raihan tujuh poin dari sembilan pertandingan. Everton bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-37, setelah bek Ashley Young diusir wasit.

Liverpool mengandalkan trio lini depan Mohamed Salah, Diogo Jota, serta Luis Diaz di lini depan.

Barisan depan itu disokong trio yang terdiri dari Dominik Szoboszlai, Alexis Mac Allister, dan pemain asal Belanda Ryan Gravenberch. Ibrahima Konate dan Virgil van Dijk berduet mengawal jantung pertahanan didampingi Trent Alexander Arnold di sisi kanan serta Kostas Tsimikas di sisi kiri. Posisi kiper dipercayakan kepada Alisson.

Di kubu Everton, pelatih Sean Dyche mengusung formasi 4-4-1-1. Dominic Calvert-Lewin menjadi ujung tombak tunggal disokong Abdoulaye Doucoure.

Barisan tengah diisi Dwight McNeil, Amadou Onana, James Garner, dan Jack Harrison. Jarrad Branthwaite dan James Tarkowski berkolaborasi di jantung lini tengah. Mereka disampingi Vitaliy Mykolenko di sisi kiri dan Ashley Young di kanan. Keempat bek ini mengawal kiper Jordan Pickford.

Everton harus bermain dengan 10 orang sejak menit ke-37, karena Ashley Young diusir wasit setelah mendapat kartu kuning kedua. Mantan pemain Inter Milan ini memang sudah mengantungi kartu kuning pertama ke-18. SKor imbang tanpa gol bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, Liverpool masih menunjukkan dominasi penguasaan bola pada babak pertama. Mereka juga terus menggencarkan serangan untuk bisa mencetak gol.

Untuk menambah daya gedor, Klopp menarik bek Kostas Tsikikas dan menggantinya dengan striker Darwin Nunez pada menit ke-62. Pelatih asal Jerman itu juga mengganti Gravenberch dengan Harvey Elliot pada menit yang sama.  

Pada menit ke-67, Liverpool kembali melakukan pergantian pemain dengan menarik bek Ibrahima Konate dan menggantinya dengan Joel Matip.

Tuan rumah mendapat peluang pada menit ke-71. Diogo Jota melepaskan tendangan kaki kanan dari sisi kanan kotak penalti memanfaatkan sodoran Salah. Namun, tendangan pemain Portugal ini diblok lawan.

Upaya Liverpool mencetak gol akhirnya terwujud pada menit ke-75 melalui titik penalti. Mohamed Salah menjadi eksekutor penalti ini dan berhasil memperdaya kiper Jordan Pickford.

Wasit memberikan hadiah penalti kepada tuan rumah setelah bek Everton Michael Keane melakukan handball di kotak berbahaya. Wasit sempat meminta bantuan VAR untuk memastikan penalti ini.

Liverpool mencetak gol keduanya juga melalui aksi Salah pada saat injury time tepatnya pada menit 90+7. Pemain asal Mesir itu melesakkan gol keduanya malam itu dengan tembakan kaki kiri memanfaatkan umpan Darwin Nunez. Skor 2-0 untuk Liverpool bertahan hingga pertandingan usai.

Liverpool akan meneruskan kiprahnya di Liga Inggris dengan menjamu Nottingham Forest pada Ahad (29/10/2023). Namun, sebelumnya, The Reds harus tampil di Liga Europa, yakni menjamu klub Prancis Toulouse, Jumat (27/10/2023) dini hari WIB. 

Sementara Everton akan memainkan partai ke-10 mereka di Liga Inggris dengan bertandang ke markas West Ham United pada Ahad (29/10/2023).

Berita Lainnya

Index