Hasil Tes Kesehatan, Semua Bakal Capres-Cawapres Dinyatakan Sehat

Hasil Tes Kesehatan, Semua Bakal Capres-Cawapres Dinyatakan Sehat

JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersama Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto telah mengumumkan hasil tes kesehatan terhadap tiga bakal calon presiden (capres) dan bakal calon wakil presiden (cawapres).

Hasilnya tiga pasangan capres-cawapres, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin), dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka lolos tes kesehatan.

"Semua pasangan calon, hasil pemeriksaannya mampu untuk menjalankan tugas sebagai presiden dan wakil presiden. Kedua, dinyatakan bebas dari penyalahgunaan narkoba," kata Ketua KPU, Hasyim Asy'ari, di Gedung KPU, Jakarta, Jumat (27/10/2023).

Penyerahan hasil tes kesehatan capres-cawapres diberikan langsung oleh Kepala RSPAD Gatot Soebroto Letjen TNI Albertus Budi Sulistya kepada Ketua KPU Hasyim Asy'ari. Sesi tersebut juga dihadiri oleh perwakilan ketiga pasangan capres-cawapres.

Hasil tes kesehatan Anies-Cak Imin diberikan lebih dulu oleh Kepala RSPAD kepada Ketua KPU. Kemudian, secara berurutan diikuti penyerahan hasil kesehatan untuk pasangan Ganjar-Mahfud dan Prabowo-Gibran.

Tes kesehatan sendiri merupakan salah satu syarat yang harus dilalui oleh bacapres dan bacawapres sebelum ditetapkan sebagai peserta Pilpres 2024.

Selanjutnya, KPU akan menetapkan pasangan calon presiden/wakil presiden sebagai peserta Pilpres 2024 pada 13 November 2023.
Sementara pengundian dan penetapan nomor urut pasangan calon akan dilakukan pada 14 November 2023.

Masa kampanye dijadwalkan berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Kemudian akan dilanjutkan masa tenang pada 11-13 Februari 2024, lalu pemungutan suara akan dilakukan pada 14 Februari 2024.

Berita Lainnya

Index