Laksamana Mengamuk Minuman Khas Riau Jadi Menu saat Jokowi Makan Siang Bareng 3 Capres

Laksamana Mengamuk Minuman Khas Riau Jadi Menu saat Jokowi Makan Siang Bareng 3 Capres

CELOTEHRIAU - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjamu makan siang tiga bakal capres di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (30/10/2023).

Terdapat sejumlah menu yang disajikan dalam makan siang Jokowi dengan Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan. Salahsatunya adalah minuman khas masyarakat Melayu Riau, Es Laksamana Mengamuk.

Hal itu dibenarkan Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana. Selain Es Laksamana Mengamuk juga tersaji ayam kodok, soto lamongan dan kaylan cah sapi di meja makan presiden dan capres. Ada juga sapi lada hitam, bebek panggang, cumi goreng, udang goreng telur asin dan jus jeruk.

"Menu makan siang bapak Presiden dengan tiga bakal calon presiden hari ini di Istana Merdeka diantaranya Es Laksamana Mengamuk," cakapnya.

Untuk diketahui Es Laksamana Mengamuk akrab di lidah masyarakat Melayu Riau dan Kepulauan Riau. Minuman ini terdiri dari mangga atau kuini yang dicampur dengan santan ditambah gula dan es. Selain itu juga bisa ditambahkan dengan kelapa muda dan biji selasih.

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengatakan makan siang bareng tiga capres tersebut berlangsung sekitar pukul 12.30 WIB Senin (30/10/2023) tadi. Keempat tokoh yang mengenakan baju batik tersebut duduk di meja bundar.

Di sebelah kiri Jokowi duduk Prabowo Subianto dengan batik coklat, sedangkan di sebelah kanannya duduk Ganjar Pranowo dengan batik kemerahan. Sementara, Anies Baswedan yang berpakaian batik coklat tua duduk berhadapan langsung dengan Jokowi.

Berita Lainnya

Index