Presiden: Kasad Agus Subiyanto Penuhi Jam Terbang sebagai Panglima TNI

Presiden: Kasad Agus Subiyanto Penuhi Jam Terbang sebagai Panglima TNI

CELOTEHRIAU - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Agus Subiyanto memiliki pengalaman yang mumpuni, sehingga diusulkan sebagai calon Panglima TNI menggantikan Laksamana TNI Yudo Margono yang akan segera pensiun.

Diketahui, Presiden Joko Widodo sebelumnya telah mengusulkan Kasad Agus Subiyanto sebagai calon Panglima TNI, kendati Jenderal Agus baru menjabat sebagai Kasad pada 27 Oktober lalu, menggantikan Jenderal Dudung Abdurachman yang memasuki masa pensiun.

Jokowi menyebut telah mempertimbangkan jam terbang Agus di berbagai aspek, termasuk tugas di wilayah, administrasi, dan pendidikan militer.

"Pertama, beliau kan Wakasad (Wakil Kepala Staf TNI AD), kemudian menjadi Kasad. Kalau melihat jam terbangnya di teritorial, di administratif, di akademis, ini memenuhi semuanya," kata Jokowi seusai meresmikan groundbreaking pembangunan Bandara IKN di Kalimantan Timur, Rabu (1/11/2023).

Sementara itu, Jokowi menyebut belum ada keputusan terkait siapa yang akan menggantikan Agus sebagai Kasad. Keputusan itu, kata Jokowi akan ditentukan setelah Agus memperoleh persetujuan dari DPR sebagai calon Panglima TNI.

"Satu-satu. Ini perlu memperoleh persetujuan dari DPR terlebih dahulu, setelah ada persetujuan baru kita berpikir Kasad yang baru," ungkap Jokowi.

Sebelumnya, Ketua DPR Puan Maharani mengumumkan Jokowi mengusulkan Kasad Jenderal Agus Subiyanto sebagai calon panglima TNI menggantikan Laksamana Yudo Margono. DPR, kata Puan, sudah menerima surat presiden atau surpres dari Jokowi terkait nama calon panglima TNI.

"Pada kesempatan ini saya akan umumkan nama calon pengganti dari Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, nama yang diusulkan Presiden adalah Jenderal TNI Agus Subiyanto SE Msi yang saat ini menjabat sebagai Kasad," ujar Puan di gedung DPR, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (31/10/2023).

Puan mengatakan, proses seleksi dan persetujuan dari DPR akan dilanjutkan sesuai mekanisme yang berlaku. Laksamana TNI Yudo Margono dijadwalkan pensiun pada akhir November 2023.

Berita Lainnya

Index