Sumsel Juara Umum Cabor Catur Porwil XI Sumatera

Sumsel Juara Umum Cabor Catur Porwil XI Sumatera

PEKANBARU, celotehriau.com  - Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera XI Cabang Olahraga (Cabor) catur nomor standar telah memasuki babak akhir, Sabtu (11/11/2023). Kegiatan ini berlangsung di Hotel Aryaduta Pekanbaru.

Medali emas untuk kategori perorangan diraih oleh Maksum Firdaus dari Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). Sementara untuk medali perak diraih oleh Adly Juandra dari Provinsi Bengkulu dan medali perak diraih oleh Ruby Tamono yang mewakili Provinsi Sumatera Barat. Sedangkan kategori beregu dimenangkan oleh Jambi yang disusul oleh Riau dan Sumatera Barat.

Wasit ketua Cabor catur Herman Kurniadi mengatakan peraih medali emas dari Cabor catur nomor standar ini otomatis lolos ke Pekan Olaharaga Nasional (PON) mendatang. Sementara pemenang kedua dan ketiga akan mengikuti Play Off di Bandung pada 24 November 2023.

"Tidak ada persyaratan lagi, ini merupakan seleksi terakhir untuk Pra PON. Jadi seleksi ini lolos berarti dia langsung berkesempatan main di PON. Hanya ada persyaratan yang tidak tertulis tapi itu mengikat untuk pemain beregu, ini misalkan lima orang nah lima orang ini tidak boleh diganti sampai nanti," jelasnya

"Pada Pra PON ini anggaplah pemainnya A, B, C, D, E nah sampai PON pun pemainnya harus A,B,C,D,E. Tidak boleh diubah lagi kecuali meninggal atau sakit yang ada keterangan dokternya dan itu pun tidak boleh diganti dengan pemain yang sudah main di kategori perorangan," tambahnya.

Ia mengatakan selama pertandingan Cabor catur ini semuanya berjalan dengan lancar, baik, dan tidak ada protes dari pihak manapun. "Alhamdulillah ya dalam Porwil ini baik catur kilat, catur cepat dan yang terakhir catur standar yang merupakan seleksi Pra PON ini semuanya berjalan lancar dan baik tanpa ada protes. Sampai hari ini adalah penutupan bisa dilihat semuanya bergembira karena dari 8 provinsi itu semuanya mendapat medali," katanya.

Pada Cabor catur, Sumsel berhasil menjadi juara umum dengan raihan 6 medali emas dan 6 perak. Posisi kedua diraih Jambi dengan raihan 3 emas, 2 perak dan 2 perunggu. Serta posisi ketiga diraih Kepualaun Riau dengan 3 emas dan 1 perunggu. Sementara kontingen Riau diposisi ke enam dengan 1 emas, 3 perak dan 5 perunggu.(***/mc)

Berita Lainnya

Index