Ini Cabor-cabor Penyumbang Medali Emas Riau

Ini Cabor-cabor  Penyumbang Medali Emas Riau
Ketua KONI Riau H Iskandar Hoesein dan Waka KONI Pusat saat berkunjung ke venue renang di Kolam Sport Center Rumbai.

PEKANBARU, celotehriau.com --Pekan Olahraga Wilayah (Porwil ) XI Sumatera yang digelar di Pekanbaru Provinsi Riau 4-14 November 2023 usai sudah.

Kontingen Bumi Lancang Kuning dengan semangat tagline" BERANI JUARA" telah dipastikan menyabet hattrick jawara Pulau Sumatera pada perhelatan olahraga multi Iven  yang menjadi ajang Pra Kualifikasi PON XXI 2024 Aceh-Sumatera.

Dari total memperebutkan  144 medali emas  dari 10 cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan Riau berhasil meraup  41 medali emas 20 medali perak dan 33 perunggu. Total 94 medali diraih kontingen Riau.

Dan gelar juara umum semakin lengkap dengan cabor sepakbola yang sudah merebut tiket PON 2024 meraih medali emas di partai final kontra Sumatera Barat, Selasa (14/11/2023) pukul 14.00 WIB.

Cabang olahraga renang dan Atletik menjadi lumbung medali emas Riau, selain itu Cabor renang , barongsai, Sepaktakraw menahbiskan diri sebagai juara umum.

Ya, cabang atletik yang digelar di Stadion Tuanku Tambusai Bangkinang Kabupaten Kampar,  dari 38 medali emas yang diperebutkan total berhasil mengemas 37 medali.Dengan rincian 25 medali  emas, 5 perak dan 9 perunggu.

Diikuti Sumatera Barat dengan 4  medali emas, 11 perak dan     3 perunggu. Peringkat ketiga Kepulauan Riau dengan 4  emas 4 perak dan 3  perunggu. Sementara Kepulauan Bangka Belitung dengan 3   medali emas 5 perak dan 10    perunggu finis diperingkat keempat.

Lalu peringkat ke 5-8 bertengger Lampung dengan 3 medali emas  5    perak dan 3 perunggu.Provinsi Jambi  1 medali emas 2     perak dan 3    perunggu, Sumatera Selatan 5 perak  6 perunggu serta juru kunci Bengkulu 1 perak 1 perunggu.

Di cabang olahraga Barongsai yang untuk pertama kali digelar , Riau juga menjadi jawara. Dari 10 medali emas yang diperebutkan berhasil mengemas 5 medali emas empat perak, Diikuti Sumatera Barat dengan 4 medali emas, 3 perak dan 2 perunggu. Sementara peringkat ke3 dan ke 4 diisi Lampung dengan 1 emas dan 1 perunggu, serta Kepulauan Riau dengan 2 medali perak 3 perunggu .

Cabang olahraga ketiga Riau berhasil menjadi jawara adalah Sepaktakraw.  Salahsatu cabor langganan pendulang medali Riau di ajang PON ini berhasil meraih 7 medali emas 1 perunggu. Sementara peringkat kedua Sumatera Barat dengan 1 medali emas 5 perak dan 2 perunggu. Diikuti Jambi 1 emas 1 perak dan 4 perunggu, Kepulauan Riau 1 medali emas 1 perak 2 perunggu. Serta Sumatera Selatan 3 perak 6 perunggu dan terakhir Bangka Belitung dengan 4 perunggu .Pertandingan yang digelar di GOR Takraw Purna MTQ ini digelar sejak 5 Noovember - 13 November 2023.


Sementara pada cabang olahraga atletik, meski menjadi pendulang medali terbanyak , Riau harus mengakui keunggulan Kepulauan Bangka Belitung. Dari total 84 nomor pertandingan Babel  menjadi juara umum dengan perolehan 30 medali emas, 20 perak 18 perunggu. Peringkat kedua Riau dengan 26 medali emas ,     9    perak dan 18 perunggu

Peringkat ketiga Sumatera Barat dengan     10    medali emas 23     perak dan 10 perunggu. Diikuti Sumatera Selatan diperingkat keempat perolehan medali, dengan     torehan 5 medali emas 12 perak dan 8 perunggu

Lalu ada Lampung diperingkat kelima daftar perolehan medali, dengan 5 emas, 7 perak dan 7 perunggu. Sementara peringkat ke 5-8 ada  Kepulauan Riau total 20 medali dengan    rincian 5    medali emas 6 perak dan     9 perunggu . Lalu Jambi  3 medali emas     4 perak  dan 9    perunggu dan terakhir Bengkulu dengan 4 perak 2 perunggu.

Penyumbang medali Riau lainnya adalah Wushu. Dicabor ini kontingen # BERANI JUARA# harus puas berada di posisi keempat dengan 1 medali emas, 2 perak dan 7 perunggu.

Sementara juara umum dicabor beladiri ini adalah Provinsi Jambi dengan 6 emas, 1 perak dan 1 perunggu. Diikuti Lampung dengan 2 emas 2 perak dan 4 perunggu. 
Sumatera Selatan dengan 1 medali emas     5    perak dan 2 perunggu

Peringkat ke-5 sampai dengan 8 diisi oleh, Bengkulu 1 perak 2 perunggu, Kepulauan Riau 1 medali perak, Sumatera Barat tanpa medali emas dan perak, kebagian 6 keping perunggu, demikian juga Bangka Belitung hanya menggondol pulang 4 medali perunggu.

Penyumbang medali emas lainnya adalah Cabor Catur. Hanya dicabang olahraga ini Riau tak mampu berbicara hanya berhasil mengemas 1 medali emas 3 perak dan 5 perunggu. Dibawah Sumatera Selatan yang mendominasi dengan 6 emas 6 perak,.diikuti Jambi  dan Kepri dengan tiga medali emas.Cuma provinsi pecahan Riau ini kalah  2 medali perak 2 perunggu dari Jambi.

Peringkat keempat dan  kelima Sumatera Barat dan Bengkulu. Keduanya sama-sama mengoleksi 2 medali emas namun kontingen Ranah Minang unggul medali perak dari kontingen Bumi Raflesia.

Cabang olahraga Bola Tangan juga berhasil mencetak sejarah, lolos PON Aceh Sumut 2024 mendatang.Tim putri Riau berhasil meraih medali emas mengalahkan Bengkulu 10-5. Sementara tim putra harus puas dengan medali perunggu dan tidak lolos PON.Juara bola tangan putra kontingen Sumatera Barat dan Runner up Sumatera Selatan.

Sementara dicabor E-sport, dari total 5 nomor yang dipertandingkan , Riau hanya mampu meraih 1 medali perak dan 3 perunggu . Dibawah Lampung 2 emas 1 perak, Sumatera Barat  2 emas 1 perak dan Sumatera Selatan 1 medali emas 1 perak

Sementara Riau dan Bengkulu kebagian 1 medali perak.Lalu Jambi dan Kepulauan Riau cuma kebagian  satu perunggu

Demikian halnya dengan Cabor voli indoor. Provinsi Riau hanya berhasil meraih satu medali perak dan satu medali perunggu. Dibawah Sumatera Barat dan Sumatera Selatan yang menjadi jawara.Sementara Kepulauan Riau cuma meraih 1 perak dan Lampung 1 perunggu

Kontingen tuan rumah Riau juga berpeluang menambah perbendaharaan medali emas dari cabang olahraga sepakbola yang sudah memastikan lolos PON 2024 Aceh Sumatera Utara .

Untuk diketahui pada Porwil XI 2023 ini hanya diikuti 8 provinsi minus Aceh dan Sumatera Utara yang menjadi tuan rumah bersama  PON

Iven se Sumatera ini mempertandingkan 144 nomor pertandingan. Dengan rincian  atletik 47 nomor pertandingan, renang 38 nomor pertandingan, catur 18 nomor pertadingan, Sepaktakraw 10 nomor  pertandingan, Wushu 11 nomor pertandingan  barongsai 10 nomor pertandingan, bola voli 2 nomor pertadingan, e-sport 5 nomor pertandingan, bola tangan 2 nomor pertan dingan dan sepakbola 1 nomor. (adv)

Berita Lainnya

Index