Hari Ini KPU Gelar Pengundian Nomor Urut Capres-Cawapres

Hari Ini KPU Gelar Pengundian Nomor Urut Capres-Cawapres
Ketua KPU Hasyim Asy'ari (tengah) bersama Anggota KPU Idham Holik (kiri) dan Mochammad Afifuddin (kanan) saat mengumumkan penetapan pasangan Capres dan Cawapres di Kantor KPU, Jakarta, Senin, 13 November 2023. TEMPO/M Taufan Rengganis

CELOTEHRIAU - Hari ini Komisi Pemilihan Umum atau KPU akan menetakan nomor urut pasangan calon presiden dan calon wakil presiden yang akan bertanding di Pemilu 2024.

Pemilihan nomor urut capres-cawapres itu dilakukan setelah KPU pada Senin, 13 November 2023 menetapkan tiga pasang capres-cawapres untuk mengikuti Pilpres 2024. Adapun tiga pasang yang ditetapkan itu adalah Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar yang diusung Koalisi Perubahan, Ganjar Pranowo-Mahfud Md yang didukung Koalisi PDIP, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dari Koalisi Indonesia Maju.

Adapun acara penetapan nomor urut itu akan dilakukan setelah KPU mengajak makan malam para capres-cawapres.

"Jadi dimulai dengan makan malam bersama calon presiden dan wakil presiden dan pimpinan partai politik yang mendaftarkan masing-masing pasangan calon," kata Ketua KPU Hasyim Asy'ari di Jakarta, Senin, 13 November 2023.

Dalam penetapan nomor urut ini, Partai Gerindra yang mengusung Prabowo-Gibran berharap mereka mendapat nomor urut dua.

Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan, nomor urut dua akan sama dengan nomor urut partai pimpinan Prabowo itu di Pemilu 2024.

"Kalau bisa dapat nomor dua, Alhamdulillah," kata Muzani di Surabaya, Senin, 13 November 2023.

Menurutnya, kesamaan antara nomor urut pasangan calon dan nomor urut partai tak hanya muncul dari Gerindra, dua pesaing pasangan Prabowo-Gibran juga disebutnya punya harapan sama.

"Ada harapan dari Tim Anies-Muhaimin dapat nomor satu karena (nomor urut) PKB, Tim Ganjar-Mahfud nomor tiga karena ada PDI Perjuangan," ujarnya.

Kendati demikian, Muzani tidak mempermasalahkan apabila saat pengundian, pasangan Prabowo-Gibran tak mendapat nomor urut yang diharapkan.

"Kami sebenarnya dapat nomor urut berapa pun tidak masalah," kata dia.

Cawapres Koalisi Indonesia Maju Gibran Rakabuming Raka juga tak terlalu mempermasalahkan soal nomor urut. "Semua nomor baik, semua nomor bagus," kata dia di Solo kemarin.

Berapapun nomor urut yang mereka dapat, Gibran mengaku akan mensyukurinya. "Ya lihat saja besok disyukuri semua nomor," kata dia.

Sementara itu, juru bicara Anies, Billy David mengatakan pihaknya tak menaruh harapan khusus soal nomor urut.

"Tidak ada harapan khusus terhadap nomer urut yang akan diundi besok malam," katanya.

Nomor urut berapa pun, kata dia tak akan mempengaruhi kesiapan dan kesolidan dari pendukung Anies-Muhaimin.

Sedangkan politikus PDIP Aria Bima mengatakan pihaknya akan menerima nomor urut mana pun untuk pasangan Ganjar-Mahfud.

"Kami tidak berharap pada nomor. Mau nomor 1, nomor 2, nomor 3 kami terima," kata Aria di Jakarta pada Senin, 13 November 2023.

Menurut Aria pasangan Ganjar-Mahfud akan berangkat dari Media Center tim pemenangan nasional di Jalan Cemara, 19 Menteng menuju KPU. "Didahului dengan salat magrib bersama," kata dia.

Berita Lainnya

Index