Tahun Depan DAK Disdik Pekanbaru Mencapai Rp23,8 Miliar

Tahun Depan DAK Disdik Pekanbaru Mencapai Rp23,8 Miliar

PEKANBARU - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru memperoleh Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pusat sebesar Rp23.8 Miliar di tahun 2024. Jumlah ini mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan tahun 2023.

"Tahun 2024 kita menerima DAK Rp23,8 Miliar. Mengalami kenaikan dibanding tahun 2023 ini. Tahun 2023 kita dapat DAK Rp22 Miliar sementara untuk tahun 2024 mendatang sejumlah Rp23,8 Miliar," ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Abdul Jamal, Jumat (17/11/2023).

Ia mengatakan, peruntukan DAK itu sendiri, sudah ditetapkan oleh Pemerintah Pusat. Sehingga pihak sekolah yang menerima DAK harus menggunakannya sesuai dengan yang sudah ditetapkan.

"Kalau DAK itu sudah ditetapkan untuk meningkatkan sarana dan prasarana sekolah. Seperti pustaka, labor komputer, labor IPA, toilet dan rehab ruang guru. Dana itu ya harus kita gunakan untuk ini, tidak boleh dialihkan untuk lainnya," cakapnya.

Namun tidak ditampik Jamal ada sekolah yang mendapat DAK lebih dari satu paket kegiatan. Hal itu menurut Jamal ditentukan sendiri oleh pihak pusat yang sebelumnya sudah menurunkan tim ke Pekanbaru.

"Memang ada juga sekolah yang sudah mendapatkan bantuan untuk pembangunan Labor IPA, kemudian dapat lagi Labor komputer," jelas Jamal.

Di lain sisi Jamal mengaku meskipun sudah dibantu oleh DAK, namun sarana prasarana sekolah yang ada di SD Negeri dan SMP Negeri di Pekanbaru masih banyak yang perlu ditingkatkan.

Terkait realisasi DAK tahun 2023 ini, Jamal menyatakan sudah terealisasi seluruhnya. "Sudah, semua selesai dikerjakan," pungkasnya.

Berita Lainnya

Index