Nawawi Dilantik Jadi Ketua KPK RI, Ini Pesan Jokowi

Nawawi Dilantik Jadi Ketua KPK RI, Ini Pesan Jokowi
Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Nawawi Pomolango sebagai Ketua KPK Sementara di Istana Negara, Jakarta, Senin 27 November 2023 (Beritasatu.com / Mohamad Said)

CELOTEHRIAU - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Nawawi Pomolango sebagai Ketua KPK Sementara di Istana Negara, Jakarta, Senin (27/11/2023). Usai pelantikan, Jokowi berpesan kepada Nawawi untuk berhati-hati dalam menjalankan tugasnya sebagai Ketua KPK.

“Beliau (Jokowi) tadi dengan mimik wajah tertentu yang kami baca, tetapi ada satu ucapan hati-hati dalam mengemban tugas,” kata Nawawi usai pelantikan di Istana Negara.

Nawawi mengatakan tugas utama yang perlu dikerjakan usai dilantik adalah mengembalikan kepercayaan publik kepada KPK.

“Menyikapi situasi yang dihadapi oleh KPK, satu hal yang menjadi beban di kita (KPK) adalah tergerusnya rasa kepercayaan masyarakat. Padahal itu yang menjadi modal lembaga ini selama ini dan itu yang tergerus dan itu menjadi pekerjaan yang berat,” kata Nawawi.

Usai pelantikan di Istana, Nawawi mengaku akan langsung menggelar rapat pimpinan di Gedung KPK untuk membahas skala prioritas yang perlu dikerjakan.

“Seusai dari tempat ini, saya akan kembali ke kantor dan meminta rekan-rekan pimpinan dan seluruh pejabat struktural eselon satu dan dua untuk mengadakan rapat pimpinan barangkali. Kita akan berbincang mengenai hal yang akan menjadi skala prioritas kita ke depannya,” ujarnya.

Sebelumnya, Jokowi menunjuk Nawawi sebagai ketua sementara KPK melalui Keputusan Presiden (Keppres) yang ditandatangani pada Jumat (24/11/0223) malam. Keppres tersebut bersamaan dengan pemberhentian sementara Ketua KPK Firli Bahuri yang ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan pemerasan terhadap eks Mentan Syahrul Yasin Limpo.

Pelantikan dihadiri Mensesneg Pratikno, Mendagri Tito Karnavian, Kapolri Jend Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Agus Subiyanto, dan Jaksa Agung St Burhanudin.

Hadir jajaran pimpinan KPK, Alexander Marwata, Johanis Tanak, Nurul Ghufron. Hadir pula Dewan pengawas KPK, Tumpak Hatorangan Panggabean, Albertina Ho, Indrayanto Seno Adji, Harjono, dan Syamsuddin Haris.

Berita Lainnya

Index