MUI Riau Usulkan Nama Sekdaprov dan Dua Rektor sebagai Calon Pj Gubri

MUI Riau Usulkan Nama Sekdaprov dan Dua Rektor sebagai Calon Pj Gubri

PEKANBARU - Setelah Forum Komunikasi Pemuka Masyarakat Riau (FKPMR) kini giliran Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Riau mengusulkan nama-nama kandidat calon Penjabat (Pj) Gubernur Riau (Gubri) ke DPRD Riau.

Ketua Umum MUI Riau, Prof Dr Ilyas Husti mengatakan, pihaknya membawa tiga usulan nama kandidat Pj Gubernur Riau ke DPRD.

Nama tersebut diusulkan, kata Ilyas Husti, karena ketiganya sesuai administrasi sudah memenuhi syarat untuk diusulkan sebagai calon Pj Gubernur Riau. Kemudian berada di Riau serta memahami tentang demografi Riau secara budaya, sosial termasuk birokrasi. 

"Tiga nama ini yakni Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau Ir SF Hariyanto MT. Kemudian Rektor Universitas Riau (Unri) Prof Dr Hj Sri Indarti, SE MSi serta Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim Prof Dr Khairunnas Rajab MAg," ujarnya, Jumat (1/12/2023) di DPRD Riau.

Ilyas mengatakan, dilihat dari syarat, administrasi, domisili serta pemahaman soal Riau, MUI melihat sudah memenuhi kriteria. Hal ini menjadi penting untuk keberlangsungan dan kelanjutan pembangunan Riau.

Pihaknya, kata Ilyas, menekankan juga kepada kandidat yang berdomisili di Riau. Karena bicara Riau ada banyak orang Riau yang memiliki jabatan di Jakarta namun dalam memimpin tentu tidak serta merta melakukan kebijakan karena harus mempelajari terlebih dahulu.

"Berbeda dengan orang yang memang sudah paham akan kondisi Riau, yang memang karena matang dalam berbagai pengalaman, maka ketika duduk menjadi Pj Gubri nanti, sudah langsung bisa memutuskan apa yang harus dilakukan. Makanya kami perlu menekankan bukan cuma orang Riau yang paham dengan daerahnya sendiri. Tapi berdomisili. Ini penting, bagaimana pembangunan tetap berjalan berkelanjutan," cakapnya lagi.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Riau Agung Nugroho menyambut baik usulan nama-nama calon Pj Gubri yang disampaikan MUI Riau. "Usulan ini akan menjadi pertimbangan bagi dewan, sebelum nantinya memutuskan nama-nama yang akan disampaikan ke Kementerian Dalam Negeri," tukasnya.

Turut hadir jajaran MUI lainnya yakni Ahmad Syah Harroffie selaku dewan pertimbangan, dan jajaran lain. Sementara dari DPRD Riau selain, Wakil Ketua Agung Nugroho serta dua anggota DPRD Riau lainnya yakni Ade Agus Hartanto dan Anwar Markarius. 

Sebelumnya, FKPMR juga mengusulkan tiga nama calon Pj Gubri yang akan diajukan, mereka adalah Dr Drs H Suhajar Diantoro MSi (Sekretaris Jenderal Kemendagri), Erwin Dimas SE DEA MSi dan Prof Dr Sri Indarti SE MSi (Rektor Universitas Riau).

Berita Lainnya

Index