Siswa di Pekanbaru Mulai Ujian Semester 11 Desember, Pembagian Rapor 22 Desember

Siswa di Pekanbaru Mulai Ujian Semester 11 Desember, Pembagian Rapor 22 Desember

PEKANBARU - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru telah menetapkan pelaksanaan ujian SD dan SMP Negeri di Kota Pekanbaru. Ujian akan dimulai pada tanggal 11 Desember 2023 mendatang.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Abdul Jamal, Rabu (6/12/2023). Ia mengatakan nantinya ujian akan dilaksanakan selama satu pekan. 

"Untuk yang dibawah kita jadwalnya sama ya baik itu SD atau SMP. Jadi baik SD atau SMP ujiannya dilakukan pada 11 Desember. Kalau yang tidak dibawah kita ya mungkin berbeda," ujar Abdul Jamal, Rabu (6/12/2023).

Ia mengatakan nanti pada tanggal 22 Desember, dijadwalkan pembagian rapor dan tanggal 2 Januari 2024 siswa sudah kembali masuk sekolah.

"Tahun ajaran ini tahun 2023/2024  untuk semester I kita rencanakan ujiannya pada tanggal 11 Desember. Biasa itu satu minggu ini kita serahkan ke sekolah. Pembagian rapor kita minta di tanggal 22 Desember," Cakapnya.

Lebih lanjut Jamal menambahkan, karena ujian semester ini sudah berlangsung rutin, tidak ada persiapan khusus yang dilakukan oleh pihak sekolah.

"Ini kan ujiannya bukan kenaikan kelas, ini kan sudah biasa dilakukan sekolah. Jadi saya rasa tak ada persiapan khusus," ucapnya.

Sementara itu untuk pelaksanaan ujian semester di lingkungan sekolah swasta baik SD dan SMP menurut Jamal tidak mesti mengacu ada kebijakan Dinas Pendidikan. Sebab pihak swasta biasanya memiliki jadwal tersendiri atau lebih duluan dibanding sekolah negeri.

"Bisa saja nanti itu yang mau bagi raport duluan juga kita bolehkan. Karena itu kan dekat dengan Natal juga. Kita persilahkan," pungkasnya.

Berita Lainnya

Index