Melalui Program WMK, Diharapkan Tingkatkan Semangat Kewirausahaan Mahasiswa

Melalui Program WMK, Diharapkan Tingkatkan Semangat Kewirausahaan Mahasiswa

PEKANBARU - memasuki hari ketiga perhelatan Festival Wirausaha Merdeka (WMK) Aksi Pemuda Batch II Universitas Riau (UNRI), berbagai macam produk usaha yang dihasilkan oleh 400 mahasiswa yang ikut ambil bagian mulai dilirik pengunjung Living World Mall Pekanbaru.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNRI, Hermandra, mengemukan bahwa kegiatan ini sangat memberikan arti untuk kemajuan UNRI terutama di bidang kewirausahaan.

‘’ Peran Universitas di dunia yang berkembang pesat saat ini, di mana inovasi dan kewirausahaan sangat penting bagi pertumbuhan ekonomi, konsep menciptakan bisnis menjadi semakin penting dibandingkan sebelumnya," ungkap Hermandra.

‘’Untuk memulai, menciptakan bisnis mengacu pada proses mengembangkan dan mengelola usaha denga tujuan menghasilkan keuntungan dan mempertahankan pertumbuhannya. Hal ini memerlukan identifikasi peluang potensial, memanfaatkan sumber daya secara efektif, dan mengambil risiko yang telah diperhitungkan untuk membangun perusahaan yang sukses,’’lanjut Hermandra

Ia juga menjelaskan bahwa, dengan momen Festival WMK yang ke dua inilah, titik awal untuk melangkah selangkah didepan dibandingkan dengan mereka yang belum memulai sama sekali.

"Semoga dengan melakukan hal ini, ananda mahasiswa tidak hanya berkontribusi pada kesuksesan pribadinya tetapi juga menciptakan peluang kerja, penciptaan kekayaan, dan kemajuan masyarakat dan tentunya menciptakan masa depan lebih dari sekedar pendirian bisnis," tutup Hermandra.

Sementara itu, Ketua Program Wirausaha Merdeka (WMK) Aksi Pemuda Batch II, Julita  mengatakan bahwa, kegiatan ini dilaksanakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan UNRI sebagai pelaksananya untuk wilayah Riau dan Sekitarnya.

“Program ini berisikan bentuk pembelajaran wirausaha berupa persiapan pengetahuan kewirausahaan (matrikulasi), praktik langsung berwirausaha yang dilakukan secara terencana dan implementasi program wirausaha berupa festival WMK AKSI PEMUDA Unri yang meliputi ide bisnis dan launching produk kepada customer dan investor,” sebut Julita.

Berita Lainnya

Index