Kemensos RI Gelar Operasi Katarak Gratis di Riau

Kemensos RI Gelar Operasi Katarak Gratis di Riau

PEKANBARU - Ratusan warga Riau mendapatkan pelayanan Operasi Katarak secara gratis di Pekanbaru Eye Center, Jalan Soekarno Hatta Pekanbaru, Minggu (10/12/2023).

Operasi Katarak Sosial yang digelar selama dua hari tersebut merupakan rangkaian agenda rutin dalam memperingati Hari Disabilitas Internasional dan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional.

Kegiatan ini digelar oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia (RI) melalui Sentra Abiseka Pekanbaru, kolaborasi dengan Dinas Sosial Riau, Pekanbaru Eye Center serta Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) Riau.

Kepala Sentra Abiseka Pekanbaru, Ema Widiati, Minggu (10/12/2023) mengatakan, ada 107 calon peserta operasi katarak dari 150an orang pendaftar yang berasal dari sejumlah kabupaten kota yang ada di Provinsi Riau, di antaranya dari Kota Pekanbaru, Pelalawan, Indragiri Hilir, Bengkalis dan Rokan Hilir.  

"Bersyukur di tengah-tengah kondisi ini kita masih mampu mengerahkan tenaga dan pikiran kita untuk solidaritas, melihat tetangga dan saudara-saudara kita, khususnya yang tinggal atau berada di daerah yang jauh dari pelayanan kesehatan, terpencil atau terluar, kemudian bisa menjangkau secara bersama-sama untuk meningkatkan derajat kesehatannya agar bisa lebih produktif sehingga akhirnya bisa sejahtera," kata Ema.

Menurutnya kerja sama multi helix tersebut harus ditingkatkan ke depannya agar bisa melayani warga bisa lebih baik lagi.

"Semoga operasinya berjalan dengan lancar, pemulihannya berjalan dengan cepat dan semua bisa melihat dengan kedua mata dengan terang dan bisa menjalani kehidupan sehari-hari menjadi lebih produktif," kata Ema. 

Berita Lainnya

Index