Debat Capres, Anies Klaim Paling Banyak Beri Izin Pembangunan Rumah Ibadah

Debat Capres, Anies Klaim Paling Banyak Beri Izin Pembangunan Rumah Ibadah

CELOTEHRIAU - Calon Presiden Nomor Urut 3, Anies Baswedan, mengklaim bahwa dirinya adalah Gubernur DKI Jakarta yang paling banyak menerbitkan izin pembangunan rumah ibadah.

Pernyataan ini hadir ketika Prabowo menanyakan bagaimana ketika kaum minoritas bisa mengajukan izin pembangunan rumah ibadah.

"Saya ingin melaporkan bahwa sejarah Gubernur Jakarta yang memberikan izin paling banyak untuk pembangunan rumah ibadah adalah Gubernur Anies Baswedan," tegas Anies dalam Debat Capres 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023).

Anies menegaskan bahwa tidak hanya masjid, tetapi juga banyak rumah ibadah agama lain yang telah dibangun di Jakarta, termasuk gereja.

"Saya bicara tentang umat Islam yang mendirikan masjid, gereja juga saya bicara, sehingga mendapatkan izin untuk beribadah," tambahnya.

Selain itu, Anies juga menyebut bahwa dia telah mempermudah izin pembangunan rumah ibadah di Jakarta, sehingga tidak ada proyek yang mengalami kebuntuan.

"Ketika kami di Jakarta, saya sampaikan kepada Pak Prabowo bahwa ada izin gereja yang terbengkalai selama 30, 40 tahun, dan kami berhasil menyelesaikannya. Banyak keluarga dari berbagai agama seperti Buddha, Hindu, Kristen yang mengalami kesulitan dalam mendapatkan tempat ibadah dan mendapatkan perizinan yang lebih baik," tandas Anies.

Diketahui, debat capres perdana Pilpres 2024 ini mengangkat tema terkait pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan lima kali pelaksanaan debat capres dan cawapres pada Pilpres 2024, yang berlangsung selama masa kampanye Pemilu 2024 dari 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024.

Debat pertama dan kedua dijadwalkan pada tanggal 12 dan 22 Desember 2023, sementara debat ketiga dan keempat akan diselenggarakan pada 7 dan 21 Januari 2024. Debat terakhir berlangsung pada 4 Februari 2024. Lima kali debat capres-cawapres ini diadakan di Jakarta.

Berita Lainnya

Index