Pengamat Nilai Dukungan UAS ke Anies Baswedan Berdampak Elektoral ke AMIN

Pengamat Nilai Dukungan UAS ke Anies Baswedan Berdampak Elektoral ke AMIN

PEKANBARU - Pengamat politik dari Universitas Islam Riau (UIR) Dr Panca Setyo Prihatin menilai dukungan Ustaz Abdul Somad (UAS) kepada pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 akan memiliki efek elektoral bagi pasangan tersebut.

"Sebagai dai kondang tentu UAS punya basis umat yang banyak dan loyal terhadap keputusan politik ulama panutannya. Isu perubahan yang diusung pasangan AMIN ini juga menjadi nilai jual sendiri dan seiring dengan perspektif yang dibangun oleh ulama. Jargon paslon ini tidak saja bicara tentang bagaimana memperkuat institusi penegak hukum tapi jauh lebih penting juga menghadirkan rasa keadilan bagi seluruh warga negara," papar Panca, Kamis (14/12/2023).

Kemudian dari perspektif lain, katanya, ikutnya ulama dalam politik praktis membuat polarisasi di tengah umat terutama Islam karena di pasangan calon presiden yang lain juga berderet tokoh-tokoh agama yang memiliki basis emosional yang juga banyak.

Di tengah kondisi masyarakat yang secara umum masuk kategori pemilih kultural dan tradisional, ulama sebagai penyejuk menjadi terpolarisasi dan ini sulit dielakkan.

"Dalam pandangan saya memang politik butuh kedewasaan tapi proses ini masih terus berjalan, dinamika politik yang terjadi tentu diharapkan menjadi stimulasi bagi perbaikan masa depan politik bangsa dengan mengedepankan etika politik dan political will bagi siapapun yang akan memimpin bangsa ini dengan spirit yang sama yakni menciptakan masyarakat yang sejahtera," katanya.

Sebelumnya, kedatangan capres nomor urut 1, Anies Baswedan ke Rumah Omak Ustaz Abdul Somad di Rimbo Panjang, mengisyaratkan banyak hal. Salah satunya dukungan UAS ke pasangan Amin di Pilpres.

Capres yang diusung Partai Nasdem, Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Kebangkitan Bangsa ke kediaman UAS didampingi ibundanya Aliyah Rasyid dan istrinya Fery Farhati.

Dalam pertemuan tersebut, UAS mengenakan rompi bewarna coklat dan bertuliskan AMIN beserta foto kedua pasangan Capres - Cawapres.

UAS juga memposting foto-foto bersama Anies langsung di instagram pribadinya.

Berita Lainnya

Index