Kadisdik Riau dan Rektor Umri Jemput Langsung Siswa Kurang Mampu jadi Calon Mahasiswa Baru

Kadisdik Riau dan Rektor Umri Jemput Langsung Siswa Kurang Mampu jadi Calon Mahasiswa Baru

PEKANBARU - Raut muka Arif terlihat bahagia manakala kediaman orang tuanya disambangi Rektor Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) Dr Saidul Amin dan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau Dr Kamsol, beserta puluhan orang rombongan, pada Sabtu (16/12/2023) pagi. Begitu pula sang ayah serta para tetangganya yang tidak mampu menyembunyikan rasa syukurnya.

Kedatangan Rektor Umri dan Kepala Dinas Pendidikan Riau ke rumah Arif di Perumahan Garuda jalan Uka Kelurahan Air Putih Kecamatan Bina Widya, Pekanbaru itu untuk menjemput secara langsung siswa kelas XII IPA SMAN 12 Pekanbaru, Riau, itu untuk menjadi pendaftar pertama calon mahasiswa baru Umri tahun ajaran 2024-2025.

Prosesi penjemputan Arif di kediamannya dan diarak ke kampus Umri menjadi penanda dibukanya Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Umri tahun akademik 2024-2025.

Arif sendiri selain berasal dari keluarga tidak mampu ia juga merupakan siswa berprestasi di sekolahnya. Ia merupakan penghafal Al-quran 10 juzz dan sering mengikuti ajang MTQ. Maka sangat tepat jika Arif mendapatkan beasiswa Bidikmisi dari Pemerintah Provinsi Riau untuk kuliah di kampus Umri.

"Alhamdulillah, mungkin inilah jawaban atas doa-doa saya selama ini. Keterbatasan ekonomi keluarga membuat saya merasa tidak akan bisa melanjutkan pendidikan ke bangku kuliah karena biaya yang tidak sedikit. Akan tetapi Allah SWT berkehendak lain, saya justru terpilih sebagai penerima beasiswa Bidikmisi dan bisa kuliah di kampus Umri," cakap Arif, seraya berjanji akan belajar secara sunguh-sungguh dan bertekad mengukir banyak prestasi di bangku kuliah.

Untuk diketahui Arif mendapat beasiswa Bidikmisi setelah diusulkan oleh salahseorang tetangganya yang juga merupakan karyawan Umri mengingat kondisi ekonomi siswa tersebut tergolong tidak mampu dan terancam tidak bisa melanjutkan pendidikan ke bangku kuliah.
Apalagi di lingkungan tempat tinggalnya Arif merupakan sosok anak yang baik dan suka membantu sesama.

Rektor Universitas Muhammadiyah Riau, Saidul Amin menyebutkan, Arif merupakan seorang anak yang beruntung karena bisa mendapatkan beasiswa Bidikmisi dari pemerintah. Ia berharap Arif bisa kuliah dengan sungguh-sungguh dan mengukir banyak prestasi di Umri nantinya.

"Kita memiliki rusunawa, yang diperuntukan bagi mahasiswa kurang mampu, luar daerah dan mahasiswa internasional. Nanti Ananda Arif juga bisa tinggal di sana, sembari ditugaskan menjadi Imam Masjid Kampus kita. Semoga, Ananda Arif nanti bisa kuliah dengan baik dan cepat menyelesaikan program S1 di Umri," ujar Rektor Umri Saidul Amin.

Saidul Amin menjelaskan saat ini Umri memiliki 8 fakultas dengan 26 prodi program S1 dan D3 serta 2 prodi pasca sarjana. Dimana, jumlah mahasiswa baru UMRI tahun 2023 sebanyak 3.000 mahasiswa sedangkan tahun 2024 nanti jumlah penerimaan mahasiswa baru ditargetkan menjadi 3.500 mahasiswa.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Riau, Kamsol menyebutkan, Pemerintah Provinsi Riau terus berkomitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan dan memenuhi infrastruktur pendidikan di Riau. Selain itu, juga dikucurkan program beasiswa dengan jumlah dana yang sangat fantastis.

Kamsol mengatakan sejak tahun 2019 hingga 2022 Pemprov Riau telah menyalurkan beasiswa melalui APBD Riau sebesar Rp241 miliar dengan jumlah penerima sebanyak 18.605 orang. Serta telah menyalurkan bantuan pendidikan dalam bentuk CSR sebesar Rp12,9 miliar.

"Pada tahun ini, Pemerintah Provinsi Riau telah menyiapkan anggaran sebesar Rp100,5 miliar. Hal ini bentuk komitmen kami untuk kemajuan pendidikan di Riau. Tentu kedepan Pemprov Riau akan terus membuka program beasiswa Prestasi, Bidikmisi maupun bantuan mahasiswa yang kurang mampu," jelas mantan Pj Bupati Kampar itu.

Kamsol berharap kedepan, tidak ada lagi anak-anak Riau yang putus sekolah dan tidak bisa kuliah hanya karena alasan ekonomi. "Mereka tetap bisa kuliah, salah satunya ya di sini, kampus Universitas Muhammadiyah Riau," kata Kamsol.

Usai menjemput Arif ke rumahnya, Rektor UMRI dan Kadisdik Riau beserta rombongan kembali ke kampus UMRI dan melakukan lauching PMB serta program pasca sarjana (S2) yang juga dihadiri oleh sejumlah pelajaran dan Kepala SMA sederajat di Pekanbaru.

Rencananya, Penerimaan Mahasiswa Baru UMRI akan dilaksanakan dalam 3 gelombang hingga 7 September 2024 mendatang. Untuk informasi lebih lanjut mengenai PMB UMRI tahun akademik 2024-2025, bisa diakses melalui website www.umri.ac.id atau halaman media sosial resmi milik UMRI.

Berita Lainnya

Index