Ini 10 Tip Aman Berkendara dari Ditlantas Polda Riau

Ini 10 Tip Aman Berkendara dari Ditlantas Polda Riau

CELOTEHRIAU.COM Puncak arus balik menuju Kota Pekanbaru dan sekitarnya di Provinsi Riau diprediksi terjadi pada  hari ini Sabtu dan Ahad ( 9 dan 10/6/2019).

Dengan peningkatan jumlah kendaraan, dibutuhkan kesiapsiagaan pengendara.

Sebelum berkendara, pastikan kondisi dan kelengkapan kendaraan. Berikutnya, kondisi fisik pengendara harus prima, baik sebelum maupun saat berkendaraan.

Menjadi seorang pengendara harus memiliki sikap disiplin dan mengikuti peraturan yang ada. Memang semua pengendara menginginkan perjalanan yang aman, mudah dan juga cepat. Namun juga harus disadari, jika jalanan bukanlah milik pribadi.

Dari hasil analisa dan evaluasi yang dilakukan pihak kepolisian dalam Operasi Ketupat Muara Takus 2019, salah satu penyebab tingginya angka kecelakaan lalulintas dikarenakan pengendara gagal mendahului kendaraan lain.

Berikut tips aman mendahului kendaraan, yang disampaikan Direktorat Lalulintas (Dit Lantas) Polda Riau agar pengendara selamat sampai ke tujuan :

1. Pastikan lampu sign menyala sebelum dan saat mendahului.

2. Pastikan kecepatan dan kekuatan mesin cukup untuk mendahului.

3. Pastikan lajur kanan dalam keadaan aman, tidak ada kendaraan lain dari arah depan.

4. Jangan mendahului di tanjakan atau tikungan.

5. Hindari mendahului dari sisi sebelah kiri, jika tidak dalam keadaan darurat dan pastikan aman.

6. Bila kendaraan di depan menyalakan sign kanan, jangan mendahului karena itu tanda ada kendaraan di depan sehingga tidak aman bagi kendaraan di belakang untuk mendahului.

7. Bunyikan klakson maksimal dua kali saat akan mendahului.

8. Cek kendaraan yang ada di belakang melalui kaca spion.

9. Pergunakan gigi lebih rendah, untuk mendapatkan tarikan akselerasi yang lebih cepat.

10. Jika saat mendahului tiba-tiba ada mobil dari arah berlawanan, tunda keinginan mendahului. Kemudian kembalilah ke jalur semula dengan tenang.

#riau

Index

Berita Lainnya

Index