Disdik Pekanbaru Rampungkan Pembangunan Dua SMP Negeri

Disdik Pekanbaru Rampungkan Pembangunan Dua SMP Negeri

PEKANBARU - Sebanyak dua Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri di Kota Pekanbaru sudah rampung dibangun. Dua SMP negeri yang baru selesai dibangun itu yakni SMPN 50 di kawasan Damai Langgeng, Kecamatan Tuah Madani dan SMPN 51 di Kelurahan Meranti Pandak, Kecamatan Rumbai.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru Abdul Jamal, Sabtu (23/12/2023). Ia mengatakan pembangunan dua SMP negeri tersebut selesai tepat waktu dan juga langsung dikawal pihak kejaksaan.

"Alhamdulillah sudah rampung. Tanggal 25 Desember ini sudah habis masa kontrak pekerjaan. Pembangunan dua USB (unit sekolah baru) ini dikawal pihak kejaksaan," ujar Abdul Jamal.

Kata Jamal, dengan tuntasnya pembangunan, kata Jamal, pihaknya tinggal melakukan pengadaan meubeler sehingga dua SMP baru itu bisa segera ditempati peserta didik yang kini masih numpang belajar di SMP negeri terdekat.

Lanjut Jamal, untuk peserta didik SMPN 50 angkatan pertama tahun ajaran 2023/2024 belajar sementara di SMPN 47 di Jalan Muhajirin. Sedang peserta didik baru SMPN 51 ditumpangkan di SMPN 6.

"Untuk itu kami akan menyiapkan meubeler secepatnya. Sehingga pada tahun ajaran baru, dua sekolah itu bisa ditempati," cakapnya.

Seperti diketahui, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melalui Dinas Pendidikan di tahun 2023 ini membangun dua SMP negeri dengan anggaran masing-masing berkisar Rp6,8 miliar.

Pembangunan dua sekolah itu bertujuan untuk meningkatkan daya tampung SMP negeri. Sebab, SMP negeri yang ada baru mampu menampung sekitar 9.500 tamatan sekolah dasar (SD). Sedangkan tamatan SD sendiri mencapai 20 ribu orang per tahun.

Berita Lainnya

Index